Area Baca

8/15/2014

Metode Pembelajaran Inquiry

Metode pembelajaran inquiry biasanya digunakan dalam pendidikan sains, dan hingga saat ini masih tetap dipakai. Karena dalam dunia sains, difokuskan untuk lebih aktif alam berbagai permasalahan , dan juga harus lebih rasional dalam mencari tau hal-hal apa saja yang menjadi penemuan. Rasa ingin tahu tersebut berguna agar keterampilan siswa dapat lebih diasah. Siswa yang aktif akan mengalami perkembangan otak yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang pasif.

Metode pembelajaran inquiry membuat para murid mempunyai aktifitas yang bisa mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi. Karena rasa ingin tahu yang belum terpecahkan, maka siswa akan merasa ingin lebih mengetahui lagi bagaimana menyelesaikan suatu permasalahan. Dengan penerapan inquiry di dalam pelajaran, maka pemahaman siswa akan menjadi lebih optimal lagi ketika menerima suatu materi. Pelajaran sains bukan hanya soal teori saja, namun karya yang bersifat ilmiah akan menjadi aktivitas setiap hari ketika sedang mempelajari materi dari sains. Kemudian, beberapa praktek lapangan seperti melihat suatu tanaman atau mengamati

Sikap siswa yang lebih senang dalam bermain, dijadikan lebih peka terhadap suatu hal yang menjadi dasar suatu proses belajar. Agar lebih memahami dengan teliti, sang guru harus lebih jeli ketika mengajarkan sesuatu, terutama dalam model yang digunakan. Karena pelajaran sains bersifat realistis dan membutuhkan konsentrasi yang tinggi, harus ada cara-cara pengajaran mungkin bisa mengajarkan suatu materi dengan cara belajar berbeda dari biasanya, mungkin dengan membuat kelompok belajar lalu duduk di lantai dan kelompok membentuk lingkaran. Jika hal tersebut tidak dilakukan, pelajaran tersebut mungkin hanya dapat bertahan lama di otak siswa dalam jangka waktu satu minggu, dan selebihnya para siswa akan lupa dengan apa materinya.

Selain itu, focus yang tinggi diberikan dengan cara membuat siswa mengenal suatu jenis hal. Kemudian, buat siswa tersebut bertanya mengapa hal itu bisa terjadi. Dengan begitu otak siswa akan aktif dalam menerima masukan secara realistis dan akan lama daya ingatnya.

Metode pembelajaran inquiry bertujuan memberikan masukan pembelajaran yang lebih aktif, dengan menekankan cara berpikir yang ilmiah dan nyata.