Area Baca

8/26/2014

Model Pembelajaran Generatif

Model Pembelajaran Generatif - Model pembelajaran merupakan salah satu hal yang tak boleh dilupakan dalam sebuah kegiatan pembelajaran. Karena model pembelajaran berisi tentang banyak hal yang terkait dengan keefektifan sebuah kegiatan pembelajaran semisal adanya perencanaan pembelajaran, strategi pembelajaran dan lain sebagainya. Dengan adanya model pembelajaran yang baik maka sebuah kegiatan pembelajaran akan dapat berlangsung secara efektif dan sistematis. Saat ini, kita dapat menemukan banyak sekali model pembelajaran yang digunakan oleh para tenaga pendidik. Satu di antaranya yang akan kita bahas pada ulasan kali ini adalah mengenai model pembelajaran generatif. Seperti apakah model pembelajaran yang satu ini? Untuk mendapatkan jawaban tentangnya maka ada baiknya anda membaca ulasan yang saya sajikan berikut dengan seksama.

Secara umum model pembelajaran generatif dapat kita sebuah sebagai sebuah model pembelajaran yang mengawinkan atau mengintegrasikan pengetahuan lama yang telah dimiliki oleh para peserta didik pada kegiatan pembelajaran sebelumnya dengan pengetahuan baru yang akan diajarkan oleh tenaga pendidik di kegiatan pembelajaran yang sedang berlangsung. Cara semacam ini dinilai efektif karena kegiatan pembelajaran dapat berjalan konsisten dan berkesinambungan sehingga pemahaman yang dimiliki oleh para peserta didik terkait dengan kegiatan pembelajaran pun akan semakin baik.

Model pembelajaran semacam ini terdiri dari empat tahapan utama. Yakni saya jabarkan lebih lengkap sebagai berikut.
  1. Pertama adalah tahap pendahuluan atau disebut juga tahap eksplorasi. Pada tahap awal ini tenaga pendidik melakukan eksplorasi dengan tujuan untuk mengetahui apa saja yang telah didapatkan oleh para peserta didik di kegiatan pembelajaran sebelumnya.
  2. Tahap memfokuskan. Pada tahap ini seorang tenang pendidik lebih ditekankan untuk menjadi seorang komunikator dan fasilitator yang dengannya mengarahkan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.
  3. Tahap tantangan atau pengenalan konsep. Pada tahapan ini para peserta didik diarahkan untuk lebih berani dalam mengungkapkan ide dan gagasan yang dimilikinya dalam bentuk diskusi kelas.
  4. Terakhir adalah tahap penerapan konsep. Setelah para peserta didik berdiskusi kelas maka selanjutnya adalah menerapkan hasil diskusi tersebut sehingga mereka mendapatkan pengalaman nyata.
Nah itu tadi beberapa hal menarik tentang model pembelajaran generatif yang dapat saya sajikan kepada anda sekalian. Semoga dengannya dapat memberikan banyak tambahan wawasan untuk anda. Sampai jumpa pada ulasan menarik di perjumpaan kita yang selanjutnya.