Area Baca

8/11/2014

Pembelajaran Matematika SMP

Pembelajaran matematika SMP menggunakan kompetensi yang berbeda dengan matematika untuk anak sekolah dasar. Model pengajarannya pun juga tidak seperti yang diajarkan guru SD. Materi yang lebih berat dan menggunakan logika menjadi hal yang paling sulit dirasakan oleh para siswa.

Matematika adalah pelajaran yang menyeramkan bagi para murid, karena selain pelajarannya cukup sulit, matematika juga harus dipahami dengan konsentrasi yang tinggi. Terkadang guru yang mengajarkan matematika sangat seram sekali, jadi anak-anak semakin takut ketika ada pelajaran matematika. Banyak sekali yang beralasan agar tidak masuk waktu matematika, dan alasan yang paling sering adalah sakit. Banyaknya tugas dan materi yang diajarkan tidak seimbang, seharusnya guru dapat mengajar materi hingga siswa bisa mengerti, dan memberikan tugas seperti apa yang sudah diajarkan.

Pembelajaran matematika SMP seharusnya menggunakan model belajar yang menyenangkan, agar siswa tidak jenuh ketika proses belajar berlangsung. Model pembelajaran tersebut seperti menggunakan belajar kelompok dan permainan matematika. Dalam belajar berkelompok, siswa mendiskusikan materi yang disampaikan, kemudian bekerja sama mencari jawabannya. Jika sudah selesai, ada salah satu siswa yang ditugaskan untuk menuliskan jawaban dikertas, dan siswa lainnya menuliskan jawaban didepan kelas. Fungsi dari adanya belajar kelompok tersebut ialah menjalin hubungan antar sesame teman lainnya, dan bersikap sosialitas. Serta mampu menuntaskan kesuahan dari materi matematika jenjang SMP.

Untuk permainan matematika, sang guru menugaskan murid untuk mengambil soal yang telah dituliskan dalam lembaran, kemudian salah satu murid jika ada yang mengetahui jawabannya, maka langsung dijawab dan diserahkan ke guru lagi. Intinya permainan matematika menggunakan kecepatan berpikir serta bertindak. Memikirkan jawaban matematika bidang SMP sangat sulit, karena dalam bab nya sudah ada materi tentang logika dan aljabar. Jadi menguraikannya satu persatu hingga jawaban diselesaikan dengan sempurna.

Pelajaran lain dalam pembelajaran matematika SMP adalah fungsi, kemudian bertambahnya hitungan suatu bidang, dan sekarang sudah ditambahkan menghitung trigonometri, meskipun hanya sedikit yang diajarkan. Nilai para siswa untuk pelajaran matematika masih lebih minim dibandingkan pelajaran lainnya, namun untuk anak yang benar-benar cerdas maka nilainya lebih unggul dibanding anak lainnya.