Area Baca

8/22/2014

Strategi Pembelajaran Bahasa

Pembelajaran bahasa merupakan pembelajaran yang terbilang sulit. Hal tersebut karena pembelajaran bahasa menuntut seorang peserta didik memiliki empat keterampilan yakni menyimak, berbicara, membaca serta keterampilan menulis. Sehingga diperlukan strategi pembelajaran yang baik dan khusus.

Terdapat beberapa strategi pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran membaca. di antaranya beberapa strategi yang saya maksud tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Strategi pembelajaran diskusi. Salah satu hal yang penting dalam pembelajaran bahasa adalah kemampuan berbicara yang baik. Dengan menggunakan strategi pembelajaran diskusi ini maka para peserta didik akan belajar untuk aktif dalam berbicara dengan peserta didik lain dalam  kelompok kecil pada kegiatan diskusi yang mereka lakukan. Dengan cara seperti ini maka para peserta didik akan lebih mudah mendapatkan keterampilan berbicara yang baik.
  2. Strategi pembelajaran berbasis multimedia. Strategi pembelajaran ini sangat baik digunakan pada peserta didik untuk melatih kemampuan reseptif mereka terutama dalam hal menyimak. Misalkan saja pada pembelajaran bahasa asing, seorang tenaga pendidik memberikan tugas untuk menyimak lagu maupun video. Dengan hal ini dilakukan dalam waktu yang sering maka kemampuan menyimak para peserta didik pun akan semakin baik. Selain itu strategi pembelajaran ini juga menarik sehingga para peserta didik semangat dalam kegiatan pembelajaran.
  3. Strategi karya wisata atau study tour. Strategi yang satu ini sangat pas digunakan untuk menguji sejauh mana kemampuan yang dimiliki oleh para peserta didik. Strategi semacam ini selain akan membuat mereka belajar menuturkan bahasa secara langsung, juga akan melatih mental yang mereka miliki. Misalnya saja dengan memberikan tugas untuk melakukan wawancara kepada orang yang sesuai dengan materi pembelajaran yang diberikan.
  4. Menulis merupakan salah satu komponen yang tak kalah penting dalam kegiatan pembelajaran bahasa. Nah, strategi yang tepat untuk melatih ketrampilan yang satu ini adalah strategi resitasi. para peserta didik diberikan tugas untuk menuliskan kembali apa yang telah mereka dapatkan selama kegiatan pembelajaran. Baik dengan cara meringkas maupun dengan cara merangkum.

Demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya bagikan kepada anda pada ulasan kali ini. Semoga dengannya beberapa ulasan yang saya sampaikan di atas dapat memberikan banyak manfaatnya bagi anda. Sampai jumpa di pertemuan yang selanjutnya.