Area Baca

10/02/2014

Belajar Bahasa Inggris Otodidak Untuk Anak

Belajar bahasa inggris otodidak bukanlah hal yang mustahil asal kita memiliki kemauan yang kuat untuk belajar. Jika kita berkunjung ke pulau Bali, disana kita akan banyak menemui masyarakat bali yang mahir dalam menggunakan bahasa inggris, meskipun mereka tidak pernah secara khusus belajar bahasa inggris. Rata-rata masyarakat Bali belajar bahasa inggris secara otodidak melalui para turis yang datang ke pulau mereka. Mereka rajin mendengar setiap perkataan yang dilontarkan oleh para turis dan berusaha memahami artinya. Jika mereka tidak memahami maksud mereka, mereka juga tidak malu untuk menanyakan artinya secara langsung. Di samping itu, masyarakat bali juga tidak merasa malu untuk mempraktekkan bahasa inggris yang telah mereka kuasai, sehingga mereka semakin cepat mahir dalam berbahasa Inggris.

Pemahaman seputar belajar bahasa inggris otodidak untuk anak

Pada dasarnya, belajar bahasa inggris otodidak sangat cocok jika diterapkan kepada anak-anak. Hal itu karena pada masa anak-anak, otak sangat aktif dalam menyerap segala sesuatu sehingga memudahkan sang anak untuk menguasai bahasa inggris dengan lebih cepat dan sempurna. Meskipun belajar bahasa inggris secara otodidak merupakan sebuah kelebihan, namun belajar bahasa Inggris untuk anak melalui kursus-kursus dalam lembaga pendidikan belajar juga dibutuhkan, agar kemampuan berbahasa inggris bisa tertata dengan baik dan sempurna.

Jika anda melihat anak anda mampu mempelajari bahasa inggris secara otodidak meskipun masih berusia dini, sebaiknya anda segera membantu dengan memberikan dukungan penuh, agar sang anak semakin termotivasi dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrisnya. Selain itu, pada dewasa ini hampir semua hubungan secara global menggunakan bahasa inggris sebagai bagian dalam percakapan sehari-hari, sehingga belajar bahasa inggris untuk anak-anak sangat dibutuhkan agar mereka siap memasuki dunia masyarakat yang jauh lebih luas.



Meskipun belajar bahasa inggris otodidak, bukan berarti anda tidak bisa menguasai bahasa inggris dengan baik dan benar. Disini yang menjadi pembeda hanyalah anda menguasai tanpa membutuhkan perantara pihak ketiga, yaitu lembaga pendidikan ataupun kursus khusus pendidikan bahasa, namun anda belajar secara mandiri. Kelemahan belajar bahasa inggris secara otodidak biasanya terletak pada masalah grammar, namun hal itu akan bisa diatasi seiring dengan berjalannya waktu, terlebih jika proses belajar bahasa inggris di mulai sejak masih anak anak.