Area Baca

10/17/2014

Pentingnya Kamus Bahasa Indonesia ke Inggris yang Berbentuk Digital

Keberadaan kamus bahasa Indonesia ke Inggris memang sangat penting, dimana kamus tersebut telah membantu mengubah hidup seseorang dengan memberikan informasi mengenai makna atau arti kata yang ingin kita pahami. Kesuksesan dalam belajar bahasa Inggris tidak akan pernah tercapai tanpa adanya kehadiran kamus-kamus tersebut.

Pentingnya kamus bahasa Indonesia ke Inggris berbentuk digital yang harus dimiliki

Dengan segala hal yang serba modern sekarang ini, kehadiran kamus bahasa Indonesia ke Inggris ataupun Indonesia Inggris tidak harus melalui sebuah buku cetak besar yang tentu akan cukup menyusahkan jika kita ingin membawanya kemana-mana. Untuk mengatasi hal itu, kini kehadiran kamus digital telah banyak kita temukan di dalam internet.

Dengan menggunakan media internet, kita akan bisa dengan mudah menemukan berbagai kamus bahasa Inggris Indonesia ataupun sebaliknya yang sesuai dengan harapan kita. Yang perlu kita lakukan hanyalah mendownloadnya saja kemudian dilanjutkan dengan menginstallnya. Kamus-kamus elektronik tersebut ada yang gratis maupun yang berbayar. Untuk kamus bahasa Inggris yang gratisan, biasanya memiliki fitur yang cukup terbatas, namun untuk yang berbayar, fitur yang ditawarkan cukup beragam, mulai arti kosakata, hingga menterjemahkan kalimat yang cukup kompleks.

Dalam menterjemahkan kalimat yang lumayan komplek sebaiknya hindari menggunakan translate secara langsung dari kamus elektronik tersebut. Hal ini karena terkadang makna yang kita maksud tidak bisa diterima oleh kamus itu karena mereka sering menterjemahkannya kata demi kata. Kunci dalam memahami bahasa Inggris memang kita wajib memahami arti setiap kosakata yang ada, namun seperti halnya bahasa Indonesia, terkadang penggabungan dari beberapa kata akan memberikan makna yang berbeda.

Jika dilihat dari segi kepraktisan, penggunaan kamus bahasa Indonesia ke Inggris secara digital atau elektronik memang lebih hemat waktu dan efisien, karena kita akan dengan mudah menemukan kata-kata yang kita maksud. Namun bukan berarti kamus digital tidak memiliki sisi kelemahan. Salah satu kelemahannya yaitu membuat seseorang menjadi lebih malas dalam usaha mencari makna. Hal ini sangat berbeda jika kita menggunakan kamus bahasa Inggris Indonesia tau Indonesia Inggris yang manual. Dengan kamus manual, kita dituntut mencari tahu setiap kata demi kata, dan pada tahap pencarian itu, kita akan menemukan banyak kata yang sebenarnya tidak ingin kit abaca namun kita membacanya, hal inilah sisi positifnya.