Area Baca

11/02/2014

Belajar Bahasa Jepang melalui Kursus Bahasa atau Penerjemah Bahasa?

Dewasa ini untuk belajar bahasa Jepang lebih mudah karena sudah banyak media yang dapat Anda manfaatkan. Media tersebut bisa melalui kursus bahasa maupun penerjemah bahasa Jepang. Kursus bahasa Jepang sekarang sudah banyak tersedia di berbagai kota. Penerjemahan bahasa bisa melalui media online dan kamus bahasa Indonesia-Jepang.

Berikut cara mudah untuk belajar bahasa Jepang melalui kursus bahasa dan penerjemah bahasa Jepang.

1. Kursus bahasa
Kursus bahasa Jepang bisa melalui perorangan maupun lembaga. Jika belajar melalui perorangan berarti Anda harus mencari tahu siapa yang mau ngengajari Anda untuk belajar. Biasanya belajar dari teman yang sekolah, kuliah, atau pun teman bermain. Jika hanya sekedar ingin tahu bahasa Jepang, mereka mau mengajarinya secara gratis. Mereka biasanya dapat pengalaman bahasa Jepang kursus sebelumnya, kuliah khusus bahasa Mandarin atau atau ke orang yang memang sudah pernah bekerja atau meraup mendidikan di Negeri Sakura. Jika Anda ingin belajar bahasa Jepang yang lebih profesional, kursuslah ke lembaga pendidikan. 

Perkuliahan di lembaga pendidikan tinggi di Jepang pada umumnya dilakukan dalam Bahasa Jepang dan masih sedikit lembaga yang memberikan perkuliahannya dalam Bahasa Inggris. Apabila ingin bisa mengikuti perkuliahan di Jepang maka diperlukan kemampuan bahasa Jepang kira-kira level 1 atau dalam ujian JLPT ( Japanese Language Proficiency Test ). Level ini dapat dicapai bagi mereka yang sudah belajar bahasa Jepang selama sekitar 600 - 900 jam. Apabila belajar di Jepang membutuhkan waktu selama 1 - 2 tahun untuk mencapai level ini. Apabila belajar di negara asal walaupun kemampuan masing-masing berbeda, untuk mencapai level ini diperlukan waktu yang lebih lama. Lembaga pendidikan tinggi yang memberikan perkuliahan ini antara lain di JASSO ( Japan student services organization) - JEIC Jakarta, Kiyoto minsay Jakarta, Kursus Bahasa Jepang Evergreen, Japan Foundation Ginoobetsu-Korespondensi Bisnis atau di setiap universitas fakultas bahasa dan sastra.

2. Penerjemah bahasa Jepang

Layanan penerjemah bahasa Jepang ada beberapa cara. Anda bisa belajar bahasa Jepang melalui kamus bahasa Indonesia-Jepang; Jepang-Indonesia. Kamus ini tersedia di toko buku , seperti Gramedia, Ganesha, Jogja Agency, dan lainnya. Jika Anda tidak ingin membelinya dan hanya ingin membuka kosakata maka datanglah ke perpustakaan umun atau fakultas bahasa dan sastra. Apabila Anda ingin memperkaya kosakata melalui internet bisa Anda kunjungi salah satunya di situs translate.google.com,tradukka.comdan lainnya. Kolom sebelah kiri pilih terlebih dahulu bahasa yang akan diterjemahkan. Kemudian tulis kata atau kalimatnya. Kolom sebelah kanan dipilih bahasa tujuannya lalu klik terjemahkan. Anda akan langsung dapat jawabannya. Selain itu, jasa penerjemah bahasa Jepang online juga sudah ada.Mereka ada yang berstatus perorangan maupun teroganisir yang sudah bersertifikat. Beberapa contohnya yaitu nihongohonyaku.com, mitrapenerjemah.com, direktoripenerjemah.com, andinirizky.wordpress.com dan masih banyak lainnnya.

Dengan pemaparan di atas semoga dapat pemperkuat pilihan Anda untuk memutuskan cara mudah belajar bahasa Jepangyang sesuai kebutuhan.