Area Baca

11/25/2014

Belajar Menulis Huruf Arab

Belajar menulis huruf arab bagi yang tidak pernah mengenyam pendidikan di pesantren ataupun di madrasah tentu menjadi hal yang tidak mudah. Karena pelajaran agama islam pada sekolah-sekolah umum jam pelajarannya sangatlah terbatas. Beda dengan dipesantren dimana pelajaran agama islam menjadi yang utama. Anak pesantren di tuntut untuk dapat menulis dan berkomunikasi dengan bahasa arab. Hal inilah yang membuat anak pesantren menjadi pintar menulis huruf arab dan mengucapkan kalaimat-kalimat dalam bahasa arab.

Belajar menulis huruf arab memang tidaklah gampang, Apalagi bila anda sudah berusia dewasa dan baru saja ingin memulai untuk memulai belajar menulis huruf arab tentu akan menjadi lebih lama daripada yang masih muda. Mulai dari belajar pengucapannya yang berbeda dengan bahasa indonesia, belajar menuliskannya lalu belajar merangkaikannya. Tentu saja ini dibutuhkan usaha yang keras dan juga motivasi yang kuat.

Namun anda jangan pesimis dulu. Karena untuk belajar tida mengenal usia, bahkan ada pepatah yang mangatakan bahwa kita harus menuntut ilmu hingga ke negeri cina. Pepatah ini tentu mengajarkan kita untuk tidak pernah bosan untuk belajar meski harus ke negeri cina sekalipun.

Saat belajar menulis huruf arab atau hijaiyyah huruf per huruf tentu tidak akan terlalu sulit. Yang menjadikannya sulit adalah ketika kita harus merangkai huruf huruf hijaiyyah tersebut menjadi sebuah kata atau kalimat dalam bahasa arab.

Untuk menuliskan dalam bahasa arab dimulai dari kanan ke kiri. Beda dengan bahasa indonesia yang dimulai dari kiri ke kanan. Jadi untuk belajar menuliskan huruf-huruf arab anda harus membiasakannya menulis huruf arab dari kanan ke kiri.

Untuk awal kita belajar terlebih dahulu menulis huruf-huruf hijaiyyah, mulai dari alif hingga ya. Anda bisa mendownload cara menulis huruf arab yang menggunakan garis titik-titik yang disambungkan. Untuk permulaan hal ini akan sangat membantu kita agar dapat menuliskannya dengan benar dan membuat kita mudah menghafalkannya.

Setelah bisa menulis huruf arab atau hijaiiyah dari huruf ke huruf jangan lupa juga untuk belajar mengucapkannya dengan benar. Kita bisa bertanya pada yang ahli dibidangnya atau ada juga banyak buku yang menjelaskan cara pengucapan huruf hijaiyyah dengan benar.

Selanjutnya adalah belajar bagaimana merangkaikan huruf-huruf hijaiyyah tersebut menjadi sebuah kata dan menjadi sebuah kalimat. Misanya kita akan menulis “syams” atau asyamsu yang artinya adalah matahari. Untuk menuliskan kata syams terdiri dari tiga huruf hijaiyyah yaitu syin, mim dan sin.

Pertama syin ش

Yang kedua mim م

Kemuidan sin س

Dan apabila digabungkan menjadi لشَمْس ingat ya menuliskannya dari kanan ke kiri.

Semoga artikel saya ini dapat menambah semangat bagi anda yang ingin belajar menulis huruf arab. Jangan pernah putus asa dan menyerah untuk terus belajar dan memahami huruf arab.