Area Baca

11/27/2014

Cara Menulis Arab

Apakah anda sudah tahu bagimana cara menulis arab pada komputer anda? Cara Menulis arab mungkin sudah biasa anda lakukan namun dengan cara manual, atau belajar menulis huruf arab menggunakan alat tulis pada kertas. Namun apakah anda sudah tahu bahawa anda juga bisa menulis huruf arab pada komputer.

Dengan pemanfaatan komputer tentu saja akan membuat cara menulis arab menjadi lebih mudah dan hasilnya lebih bagus. Mungkin saat ini anda belum membutuhkan untuk bisa menulis arab di komputer. Tapi siapa tau suatu saat nanti anda membutuhkan menulis arab di komputer, jadi tidak ada salahnya belajar hal yang belum terlau kita butuhkan.

Berikut akan saya bagikan bagaimana cara menulis arab pada komputer anda pada program microsoft office Word 2007.

1. Langkah pertama yaitu terlebih dahulu anda tambahkan methode bahasa arab untuk keyboard laptop atau komputer anda. Untuk menambahkan methode bahasa arab ini caranya yaitu klik start lalu pilih control panel, kemudian akan muncul tampilan jendela baru, lalu pada bagian view yang terletak pada pojok kanan atas anda pilih atau anda ganti menjadi category.

2. Kemudian klik atau pilih Change keyboards or other input Methods pada bagian clock, languase and region. Lalu setelah muncul tampilan baru lagi anda pilih atau klik change keyboard.

3. Maka akan ditampilkan atau muncul jendela baru lagi. Kemudian anda klik add lalu klik tanda plus (+) pada bagian samping tulisan arabic ( saudi arabia ), lalu klik tanda plus (+) pada keyboard dan ceklis atau centang Arabic (101), Arabic (102), Arabic (102) azerty lalu klik ok

4. Kemudian anda bukalah program microsoft oficce word 2007 anda.dengan cara start - all programs - microsoft oficce – microsoft office word 2007. Dan lihatlah pada area taskbar di bagian bawah sebelah kanan, kemudian pilih arabic ( saudi arabia ).

5. Sekarang silahkan anda coba ketikkan beberapa huruf atau kata, apabila tulisan atau tampilan sudah menjadi huruf arab maka anda sudah berhasil menambahkan metode penulisan arab pada komputer anda. Untuk mempermudah anda bisa menggunakan bantuan keyboard on screen dengan cara klik start lalu pada pada bagian search anda ketikan keyboard lalu tekan enter. 
 
Apabila anda ingin menggunakan tulisan latin lagi atau mengembalikan tulisan menjadi bahasa indonesia lagi maka anda tinggal klik taskbar pada bagian kanan bawah kemudian pilih IN ataupun EN. Maka microsoft office word anda sudah menggunakan bahasa latin lagi.

Ternyata tidak rumitkan cara menulis huruf arab dengan menggunakan komputer? Semoga saja artikel saya mengenai cara menulis arab ini dapat membantu anda yang sedang kebingungan untuk menulis arab di komputer anda. Dan semoga saja banyak manfaat yang bisa anda ambil dari artikel ini. jangan pernah lelah dan bosan untuk terus belajar.