Area Baca

11/29/2014

Cara Menulis Artikel yang Baik

Bagi para penulis blog tentu mereka harus paham bagaimana cara menulis artikel yang baik. Menulis sebuah artikel tentu idak semudah membuat catatan harian. Apalagi bagi seorang yang masih pemula di dunia blogger tentu harus banyak belajar tentang cara menulis artikel yang baik. Karena mau tida mau, suka ataupun tida suka para blogger tentu harus membuat artikel untuk mengisi blog mereka.

Di luar sana banyak yang berpendapat bahwa keahlian menulis adalah suatu bakat bawaan atau keturunan. Padahal menulis adalah suatu ketrampilan yang bisa dilatih dan diasah. Asalkan kita rajin belajar dan selalu berlatih agar bisa menghasilkan sebuah artikel yang baik.

Sama seperti kemampuan berbahasa, akan lebih cepat ahli asalkan mau berlatih bukan hanya belajar tentang teorinya. Belajar cara menulis artikel yang baik juga harus banyak berlatih secara praktek daripada hanya belajar tentang teorinya. Semakin sering berlatih kemampuan menulis seseorang pasti akan semakin baik. Bahkan dari yang tidak memiliki bakat menulis sedikitpun.

Jadi bagi kalian yang tidak memiliki bakat menulis jangan putus asa duluan. Yang penting mau belajar dan terus berlatih pasti nantinya akan menjadi lebih ahli daripada yang memiliki bakat namun tak pernah mempraktekannya.

Artikel yang baik dan bagus menurut pendapat saya adalah artikel yang mudah dipahami dan dapat memberikan manfaat serta pengetahuan baru bagi pembacanya. Terkadang suatu artikel apabila menggunakan gaya bahasa yang terlalu tinggi justru hanya akan membuat bingung pembacanya.

Selain mudah dipahami dan memberikan banyak manfaat menulis artikel yang baik juga harus memperhatikan format penulisan artikel. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menulis sebuah artikel yang baik :

1. Judul

Membuat artikel yang baik harus memperhatikan judul artikel. Buatlah judul yang menarik dan bisa membuat pembaca menarik untuk membaca artikel yang kita buat. Untuk artikel ilmiah buatlah judul yang sederhana.

2. Panjang tulisan

Tidak ada patokan khusus berapa panjangnya sebuah artikel yang baik. Tujuan utama penulisan artikel yang baik adalah dapat memberikan manfaat bagi para pembacanya.

3. Tata bahasa dan ejaan

Berusahalah untuk membuat sebuah artikel dengan menggunakan tata bahasa dan juga ejaan yang baik. Kita juga tetap harus memperhatikan tanda baca yang kita gunakan.

4. Mudah dipahami atau ringan dibaca

Buatlah artikel yang mudah dipahami oleh pembaca.

5. Topik atau tema artikel

Tentu saja topik atau tema dari artikel ada hal utama yang harus kita perhatikan.

6. Kutipan

Kita juga bisa menuliskan kutipan dari pendapat orang lain.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menulis sebuah artikel yang baik. Yang terpenting adalah saat kita mempunyai sebuah ide mulailah untuk dituliskan. Jangan menunda-nunda untuk menulis karena hanya akan membuat kehilangan ide. Biasanya dengan menulis maka ide-ide akan muncul dengan sendirinya. Semoga artikel mengenai cara menulis artikel yang baik ini dapat bermanfaat. Dan selamat berlatih menulis.