Area Baca

11/09/2014

Makalah Tentang Pendidikan Karakter

Makalah tentang pendidikan karakter - Keberhasilan sebuah bangsa bukan dilihat dari melimpahnya sumber daya alam atau berapa banyak kekayaan yang dikuasai. Tapi inti yang paling menentukan adalah sumber daya manusia. Indonesia sebagai negara yang besar memerlukan sumber daya manusia yang berkualitas. Makalah tentang pendidikan pendidikan karakter bisa menjadi media untuk menyumbangkan pemikiran dalam ranah pendidikan karakter. Memang pendidikan karakter ini adalah menjadi satu “cabang” ilmu pendidikan yang sangat penting, yang sudah lama digalakkan oleh pemerintah terutama dalam pendidikan formal, yaitu dalam sekolah. 

Perihal Makalah Tentang Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter di tingkat pendidikan formal sejak beberapa tahun silam sudah dimasukkan ke dalam sistem pembelajaran yang tersusun secara rapi dan sistematis. Memang masih ada beberapa kendala yang dihadapi dalam pendidikan karakter di sekolah, mulai dari tingkat Taman Kanak-kanak (TK) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Tujuan pendidikan karakter pada pendidikan formal ini adalah untuk membentuk pribadi siswa yang cerdas dan berbudi luhur, sehat secara jasmani dan rohani juga tentunya. Karena karakter inilah yang bisa dibilang menjadi pondasi bagi siswa sebagai individu untuk menemukan posisi dan perannya dalam masyarakat. Makalah tentang pendidikan karakter ini bisa membahas tentang problematika dalam pembelajaran dan penerapan pendidikan karakter atau materi yang diajarkan.

Ada satu pernyataan yang merupakan hasil penelitian yang menyatakan bahwa kesuksesan individu tidak hanya ditentukan oleh hard skill (kemampuan secara teknis dan ilmu pengetahuan), namun juga ditentukan oleh softskill (kemampuan mengolah diri atau hubungan dengan orang lain). Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Harvard University tersebut, menunjukkan bahwa kesuksesan seseorang dipengaruhi 20% hard skill dan 80% soft skill. Jadi dapat disimpulkan bahwa soft skill inilah yang memiliki pengaruh lebih besar. Inilah yang harus ditinjau lagi dengan makalah tentang pendidikan karakter

Soft skill yang dimaksud disini termasuk karakter seseorang. Maka dari itu, terlihat jelas pentingnya pendidikan karakter untuk terus dikembangkan ke arah yang lebih baik. Sehingga pendidikan yang ada saat ini dan kedepannya, bisa selalu mencetak pribadi-pribadi yang cerdas, bijaksana, sehat jasmani dan rohani, serta mampu bergaul dengan baik. Itulah beberapa hal yang kiranya dapat menjadi landasan untuk membuat makalah tentang pendidikan karakter.