Area Baca

11/07/2014

Memilih Buku Pendidikan Karakter

Seseorang bisa menjadi orang yang sukses tentu melalui sebuah proses tertentu. Proses tersebut bisa terjadi di berbagai tempat mulai dari keluarga, sekolah, dan masyarakat. Pentingnya pendidikan karakter adalah hal yang sangat urgen untuk membentuk seseorang dan mengarahkannya. Buku pendidikan karakter bisa menjadi salah satu media untuk memberikan pemahaman bagaimana cara membentuk karakter seseorang. Masyarakat tentu harus sadar tentang pentingnya hal ini, karena dari hal tersebutlah seorang individu bisa mengorientasikan diri untuk nantinya “bergabung” dengan masyarakat.

Pentingnya Buku Pendidikan Karakter

Bisa dikatakan bahwa pendidikan karakter ini sebagai sarana melatih individu sehingga ia bisa menemukan peran dan menempatkan dirinya di tengah-tengah masyarakat. Pendidikan karakter juga merupakan satu materi yang penting dalam bidang pendidikan formal maupun informal. Dalam pendidikan formal, tentu saja materi pendidikan karakter adalah dasar materi untuk mendidik para siswa menjadi seorang individu yang baik secara jasmani dan rohani. Hal tersebut bisa diajarkan kepada para siswa melalui mata pelajaran dengan disertai buku pendidikan karakter yang sesuai dengan tingkat pemahaman dan pendidikan siswa siswi tersebut.

Pendidikan karakter yang diperoleh di luar pendidikan formal menjadi satu hal yang lebih berpengaruh terhadap pribadi seseorang. Karena pada faktanya sesuai penelitian, karakter seseorang lebih dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya. Memang peran keluarga sangat penting, namun pengaruh dunia luar seperti teman sepermainan dan lingkungan masyarakat punya pengaruh yang lebih besar. Pentingnya peran keluarga disini adalah untuk mengarahkannya ke arah yang positif, untuk mengetahui dan menjalankan yang benar, serta mengetahui dan meninggalkan yang salah. Buku pendidikan karakter di luar pendidikan formal juga banyak ditulis oleh para ahli.

Buku pendidikan karakter di luar pendidikan formal bisa jadi panduan, khususnya bagi orang tua atau keluarga, untuk membentuk karakter anak dengan baik. Misalkan cara-cara tertentu untuk mendidik anak yang bisa disesuaikan dengan keadaan keluarga dan kondisi rumah tangga, dan lain sebagainya, atau bagaimana mengajarkan tentang berbagai macam hal pada anak, dan lain sebagainya. Nah, jadi diluar pendidikan formal pun, buku pendidikan karakter menjadi barang yang sangat penting untuk dibaca sebagai panduan pendidikan karakter dalam kehidupan sehari-hari.