Area Baca

11/11/2014

Mengetahui Dan Memahami Definisi Pendidikan Karakter

Definisi pendidikan karakter merupakan suatu istilah yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk siswa dengan menggunakan penggambaran akan beragamnya perilaku yang berhubungan dengan moral, sopan santun, memiliki perilaku baik, sehat, kritis, sukses, sesuai atau tidak dan dapat diterima atau tidak oleh makhluk lainnya. Untuk konsep yang dimilikinya, pendidikan karakter yang sekarang ataupun yang sebelumnya memang mencakup istilah yang berhubungan dengan sosial dan emosional belajar, penalaran moral atau pengembangan kognitif, dan pendidikan lainnya yang berhubungan dengan pengembangan karakter.

Faktor Yang Mempengaruhi Dalam Definisi Pendidikan Karakter

Faktor yang sangat mempengaruhi pengembangan karakter dalam dunia pendidikan adalah faktor lingkungan yang memiliki peran penting dalam perubahan perilaku peserta didik karena perubahan tersebut merupakan suatu hasil dari pendidikan yang diberikan dan sangat ditentukan oleh proses pendidikan dari faktor lingkungan. Kemudian dapat dikatakan bahwa pembentukan serta rekayasa yang dibentuk dalam lingkungan yang mencakup lingkungan seperti lingkungan fisik dan budaya sekolah, kurikulum, pendidik, metode pembelajaran, dan lain sebagainya merupakan faktor dalam definisi pendidikan karakter peserta didik.

Selain itu, pembentukan karakter dalam konteksnya dengan faktor lingkungan dapat dibentuk pula melalui rekayasa dari strategi keteladanan, intervensi, pembiasaan yang dilakukan secara konsisten, dan penguatan, sehingga dapat dikatakan bahwa pembentukan karakter memerlukan keteladanan yang akan ditularkan oleh pendidik. Definisi pendidikan karakter memang merupakan suatu hal yang tidak dapat terlepas dari istilah-istilah yang ada dalam dunia pendidikan karena pendidikan di definisikan sebagai usaha yang sadar serta terencana untuk menciptakan suasana belajar dan proses belajar yang menyenangkan.

Pada perkembangannya, pendidikan karakter seharusnya telah diterapkan sejak peserta didik berusia dini karena pada usia dinilah akan terbentuk potensi dan kemampuan peserta didik untuk mengembangkan diri di masa yang akan datang. Dengan demikian, definisi pendidikan karakter selalu berkaitan dengan penguatan dalam pendidikan moral karena untuk sekarang ini telah terjadi krisis moral yang melanda bangsa Indonesia sehingga pengembangan karakter melalui metode yang baru diperlukan untuk mengatasi krisis tersebut, yang memiliki peran dan andil terbesar dalam pendidikan karakter adalah keluarga.