Area Baca

11/10/2014

Menyusun Pidato Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter harus dipandang sebagai sebagai suatu hal yang sangat penting. Pemerintah melalui Departemen Pendidikan beberapa waktu silam sudah menerapkan pendidikan karakter dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah atau pendidikan formal sebagai salah satu materi yang harus ada. Pidato pendidikan karakter bisa jadi satu media untuk menyampaikan aspirasi atau pandangan seputar pendidikan karakter itu sendiri atau hal-hal yang mempengaruhinya. Nilai-nilai luhur yang ada harus terus menerus dan selalu di pertahankan, dan salah satunya adalah melalui pendidikan karakter ini. 

Materi Pidato Pendidikan Karakter

Ada banyak hal yang bisa dijadikan materi untuk menyusun pidato pendidikan karakater. Saat ini kita melihat sangat banyak aksi siswa-siswi Indonesia yang sudah melampaui batas kewajaran dan mengarah ke hal-hal negatif. Kita tahu bahwa beberapa waktu belakangan banyak kasus kekerasan pelajar, kasus asusila pelajar, dan lain sebagainya. Itu merupakan sisi negatif dari keadaan pelajar, pendidik, pendidikan, dan semua hal yang terlibat di dalamnya. Oleh karena itu, perbaikan dalam sistem pendidikan bisa menjadi salah satu kunci sukses untuk menghadapi permasalahan-permasalahan tersebut. Itu hal-hal secara umum yang bisa dijadikan materi pidato pendidikan karakter

Ada berbagai macam hal lainnya yang bisa kita gali dalam hal pendidikan karakter ini. Seperti hal-hal yang menjadi dasar atau pokok pendidikan karakter itu sendiri. Karakter merupakan sifat, watak, dan perilaku individu. Karakter individu ini yang bisa menjadi landasan dalam menjalani kehidupan sehari-hari, bagaimana individu ini menghadapi suatu permasalahan, bagaimana ia bereaksi dan mengambil keputusan, dan menghadapi berbagai fenomena lainnya. Materi untuk pidato pendidikan karakter bisa juga diambil dari hal ini. 

Nah, itu tadi beberapa hal yang bisa dijadikan dasar untuk meninjau tentang pendidikan karakter. Hal yang paling penting materi adalah cara penyampaiannya. Sampaikan dengan bahasa yang baik dan sistematis. Maksudnya sistematis adalah secara urut dan tersusun rapi sehingga orang yang mendengarkan bisa mengerti dengan baik serta paham maksud dan tujuan dari hal-hal disampaikan melalui pidato. Semoga ulasan kali ini bisa bermanfaat untuk anda semua.