Area Baca

12/10/2014

Jenis-jenis Cacat Mata

Cacat Mata

Ada beberapa cacat mata yang sering dialami manusia, seperti :

1 .Miopi (Rabun Jauh)
Miopi adalah cacat mata dimana penderitanya tidak dapat melihat benda-benda yang letaknya jauh dengan jelas. Titik jauh (punctum remotum = pr) penderita miopi lebih dekat dari titik jauh mata normal dan titik dekat (punctum proximum = pp) penderita miopi kurang dari 25 cm. Miopi disebabkan karena lensa mata tidak dapat memipih seperti mata normal. Pada penderita miopi bayangan benda jatuh di depan retina. Agar dapat melihat dengan jelas benda-benda yang letaknya jauh penderita miopi dapat menggunakan kaca mata yang berlensa cekung (negatif). Miopi disebabkan mata sering melihat benda yang letaknya dekat. Miopi sering dialami oleh tukang service jam, penjahit.

2. Hipermetropi (Rabun Dekat)
Hipermetropi adalah cacat mata dimana penderitanya tidak dapat melihat dengan jelas benda-benda yang letaknya dekat. Titik dekat (punctum proximum = pp) penderita hipermetropi lebih jauh dari titik dekat mata normal. Hipermetropi disebabkan lensa mata memipih atau sulit mencembung seperti mata normal. Pada penderita hipemetropi bayangan benda jatuh di belakang retina. Agar dapat melihat dengn jelas benda-benda yang letaknya dekat penderita hipermetropidapat menggunakan kaca mata berlensa cembung (positif).
Hipermetropi disebabkan mata sering melihat benda-benda yangletaknya jauh. hipermetropi sering dialami oleh pelaut, masinis, supir, pilot

3. Presbiopi ( Cacat Mata Tua)
Presbiopi adalah cacat mata dimana penderitanya tidak dapat melihat dengan jelas benda-benda yang letaknya jauh maupun benda-benda yang letaknya dekat. Titik dekat (punctum proximum = pp) penderita presbiopi lebih jauh daripada titik dekat mata normal dan titik jauh (punctum remotum = pr) penderita presbiopi lebih dekat daripada titik jauh mata normal. Agar dapat melihat dengan jelas benda jauh maupun benda dekat penderita presbiopi dapat menggunakan kacamata berlensa rangkap. Jenis kacamata yang berfungsi rangkap inidisebut kacamata bifokal.
4.  Astigmatisma
Astigmatisma adalah cacat mata dimana penderitanya tidak dapat membedakan garis mendatar dan garis tegak seara bersamaan. Astigmatisme disebabakan kelengkungan selaput bening tidak merata. Hal ini menyebabkan berkas sinar yang datang dan mengenai mata tidak terpusat sempurna. Agar dapat membedakan garis tegak dan garis mendatar secara bersamaan penderita astigmatisme dapat menggunakan kaca mata berlensa silinder.

5.  Katarak dan Glaukoma
Cacat mata juga dapat disebabkan oleh penyakit. Seseorang yang berumur panjang suatu jetika dalam hidupnya akan mengalami pembentukan katarak. Pembentukan katarak akan membuat lensa matanya secara parsial atau secara total buram (tak tembus cahaya). Pengobatan katarak dengan operasi pembersihan lensa. Penyakit lainnya adalah glaukoma. Glaukoma disebabkan kerena tekanan fluida di dalam mata meningkat. Meningkatnya tekanan fluida ini akan menyebabkan suplai darah ke retina menjadi berkurang, sehingga pada akhirnya penderita glaukoma akan mengalami kebutaan. Apabila gejala glaukoma diketahui lebih awal, penderita glaukoma dapat disembuhkan dengan obat atau pembedahan.