Area Baca

12/05/2014

Cahaya dan Sifat-Sifat Cahaya

Cahaya

Pernahkah anda berpikir ,bagaimana kita dapat melihat benda-benda yang ada di sekitar kita ? kita dapat melihat benda-benda di sekitar kita karena ada cahaya yang masuk ke mata. Cahaya yang masuk ke mata berasal dari cahaya yang dipantulkan  oleh benda dan masuk ke mata.
Contoh  : kita dapat melihat uang seratus ribu  karena pada saat itu uang seratus ribu memantulkan cahaya matahari yang mengenainya dan cahaya tersebut masuk ke mata kita.

Apa itu cahaya ?
Newton berpendapat cahaya terdiri dari partikel-partilkel ringan dan berukuran sangat kecil yang dipancarkan oleh suatu sumber ke segala arah dengan kecepatan yang sangat tinggi. Sementara menurut Huygens cahaya adalah gelombang seperti bunyi. Perbedaan antara gelombang cahaya dan gelombang bunyi hanya pada frekuensi dan panjang gelombang saja.

Berawal dari pendapat Newton dan Huygens pada saat ini cahaya dikenal sebagai partikel maupun sebagai gelombang elektromagnetik. Berdasarkan pendapat Newton benda digolongkan menjadi dua jenis yaitu benda sumber cahaya dan benda gelap. Benda yang menmancarkan cahaya sendiri disebut sumber cahaya, contohnya matahari, lilin yang menyala, api unggun, lampu yang menyala. Benda yang tidak memancarkan cahaya sendiri disebut benda gelap, contohnya meja, tembok, kursi.


Benda gelap dibedakan menjadi tiga jenis yaitu benda bening, benda tembus cahaya dan benda tidak tembus cahaya. Benda bening adalah benda yang dapat meneruskan semua cahaya yang diterimanya, contoh plastik bening, kaca bening, air jernih,. Benda tembus cahaya adalah benda yang dapat meneruskan hampir semua cahaya yang diterimanya, contoh kertas buram, plastik yang berwarna. Sedangkan benda tidak tembus cahaya adalah benda yang tidak dapat meneruskan cahaya yang diterimanya, apabila dikenai cahaya benda gelap akan membentuk bayangan, contoh tembok, buku, sepatu.

 Sifat-sifat cahaya antara lain:

1. Cahaya merambat melalui ruang hampa dengan kecepatan 3x 108 m/s

Contoh cahaya matahari sampai di bumi.

2. Cahaya merambat lurus

Contoh sorot lampu yang keluar dari lampu mobil atau dari senter

3. Cahaya dapat dipantulkan

Apabila cahaya mengenai suatu permukaan maka cahaya akan dipantulkan atau dipancarkan kembali.
3. Contoh peristiwa pemantulan cahaya adalah saat bercermin. Bayangan tubuh terlihat di cermin, hal ini disebabkan cahaya yang dipantulkan oleh tubuh akan dipantulkan kembali oleh oleh cermin dan masuk ke mata.

4.       Cahaya dapat dibiaskan
Apabila cahaya melewati dua medium yang kerapatannya berbeda cahaya akan dibiaskan.
Contoh sedotan  yang berada di dalam gelas berisi air  terlihat patah atau bengkok.

5.      Cahaya dapat didispersikan
Cahaya matahari yang berwarna putih merupakan cahaya polikromatik, yaitu cahaya yang terdiri atas beberapa cahaya monokromatik.
Contoh  terbentuknya pelangi, cahaya yang melewati prisma