Area Baca

12/18/2014

Cara Belajar Menulis Angka Menurut Usia Anak

Cara mendidik anak itu ada tahapannya mulai dari pengenalan kata benda, kata kerja, menggambar, menulis, dan membaca. Akan tetapi harus disesuaikan juga dengan kemampuan dan usianya. Belajar menulis angka dan huruf merupakan dasar kemampuan bahasa maupun matematika. Sebenarnya kapan Anda harus memulai mengajarkan anak untuk belajar. Berikut beberapa tahapan untuk belajar anak, khususnya belajar menulis angka menurut usianya.

1. Usia 2-3 tahun

Di masa emasnya, alangkah bijak jika Anda memaksimalkan kerja otaknya. Pada usia ini sangat baik untuk mulai mengajarkan anak belajar berhitung dan menulis. Namun lebih cocok untuk belajar menulis angka. Pada tahap pertama ini, ajarkan anak menulis angka 1-5. Biasanya akan mengikuti apa yang Anda tulis. Hasilnya pasti tidak jelas, hanya coret-coret. Anda sebaiknya melatih terus sampai bisa tetapi jangan dipaksakan kalau sudah terlihat leleh. Anda dapat menambahkan angka selanjutnya setelah ia benar-benar lancar menulisnya. Pada masa ini pula, Anda sudah bisa mengajarkan banyak hal mendasar padanya.

2. Usia 4-6 tahun

Pada usia ini, anak-anak mulai dapat diajarkan mengenal angka 1-20. Anda sebagai orang tua atau pendidik bisa mengajarkan dengan menuliskan contohnya terlebih dahulu.

Belajar menulis angka pada usia 4 tahun anak memang belum sepenuhnya dapat menirukan bentuk angka atau huruf yang sulit. Mereka belajar bentu-bentuk dasar dari bentuk tertentu seperti membentuk garis, lingkaran, kotak, atau mulai membentuk gambar dari gabungan bentuk dasar ini. Biarkan anak asik menggambar ataupun mewarnai karena yang ia butuhkan pada usia ini adalah latihan agar kontrol motorik halusnya lebih terlatih dan ia semakin dapat membuat banyak design dari bentuk bentuk dasar tersebut. Setelah belajar dan bisa membuat angka-angka itu, ia tidak akan kesulitan untuk menuliskan huruf atau angka di awal atau akhir usia 5 tahun. 

Yang perlu dilakukan pada usia ini yaitu menumbuhkan minat anak pada kegiatan menulis dan membaca. Ketika Anda membacakan atau menceritakan buku bacaan, kemungkinan ia akan tertarik dan mulai memahami bahwa setiap tulisan memiliki bunyi dan arti tertentu. Jika anak sudah tertarik maka kelak ia akan mudah untuk diajarkan huruf. Perlu diingat karena pada tahapan ini anak berada pada tahapan bermain, Anda harus memperkenalkan huruf lewat permainan atau aktivitas yang menyenangkan sehingga anak tidak bosan. Anda harus membuat suasana yang menyenangkan saat belajar untuk membantu anak agar bisa menangkap apa yang ingin Anda ajarkan.

Belajar menulis angka harus di mulai dari angka awal dan pilih yang termudah untuk diikuti anak. Untuk lebih jelasnya, berikut contoh gambar untuk belajar menulis angka. Angka di mulai dari 0 yang tertulis dengan garis penuh, kemudian diikuti angka yang putus-putus. Anak-anak dipersilakan untuk melengkapinya.