Area Baca

12/20/2014

Cara Cepat Belajar Menulis Artikel

Menulis artikel sebenarnya tidak sulit hanya saja kebanyakan orang malas untuk mencoba. Apabila Anda sudah mencoba belajar menulis artikel mungkin akan ada kendala yang  mengganggu fokus Anda.  Penentuan tema silakan pilih sesuai selera dan pengetahuan Anda. Jika masih bingung untuk pemilihan  materi, Anda bisa mencarinya melalui meinternet, media masa atau tulisan ilmiah. Belajar menulis artikel akan lebih menggirahkan asal ada kemauan yang kuat dan siap terkuras waktu Anda untuk membuatnya. 

Berikut beberapa tips cara cepat belajar menulis artikel

1.      Tulislah apa saja
Bagi penulis pemula, tulis saja setiap momen-momen yang ada dalam setiap kegiatan. Dengan banyaknya tulisan atau peristiwa yang Anda tulis, Anda akan dapat memilah yang bagus untuk diangkat menjadi artikel. Sebenarnya artikel yang kita pandang bagus belum tentu bagus menurut pembacanya, begitu juga sebaliknya. 
2.      Jangan berpikir benar salahnya
Tiap-tiap penulis ternama pastinya mempunyai gaya menulis yang berbeda-beda. Anda pun harus menulis dengan pola pikir sendiri dalam merencanakan tema artikel. Anda jangan terlalu memikirkan artikelnya benar atau salah yang penting setelah tulis dibaca kembali. Ketika menjumpai kalimat yang dirasa mengganjal sebaiknya diedit dengan kalimat yang lebih komunikatif.
3.      Libatkan emosi Anda
Orang yang menulis artikel dengan melibatkan emosi hasilnya akan berbeda dibanding dengan orang yang hanya mengandalkan pikiran semata. Penulis yang tergolong mahir selalu melampiaskan emosi pada semua tulisannya. Konsentrasi pada emosional akan membuat tulisan artikelnya lebih cepat terselesaikan.Belajar menulis artikel dengan cepat yang diikutikemampuan emosional, hasil artikel akan semakin berkualitas.
4.      Dukung dengan data dan fakta
Data dan fakta sangat banyak dan mudah ditemukan. Anda bisa membrowsing di internet. Bisa juga mengambil dari buku terkait materi atau wawancara dengan orang yang sekirnya menguasai materi yang diinginkan.
5.      Gunakan kata dan kalimat yang unik
Biasanya kata yang unik dan baru dimunculkan pada majalah-majalah. Setiap edisi pasti ada kosakata baru yang bisa dicuplik. Anda tidak perlu ragu untuk terus memunculkan kata-kata baru dan kalimat yang unik. Kamus juga sangat membantu dalam menambah kosakata Anda. Dengan kata dan kalimat yang unik, artikel Anda pun lebih bernilai tinggi.
6.      Jadikan sebagai kebiasaan setiap hari.

Apabila Anda sudah membiasakan menulis artikel setiap hari, pekerjaan tulis menulis ini akan semakin enjoy untuk dijalankan. Misalnya tidur, Anda menikmati nikmatnya ketika dilakukan setiap hari yang akan menghilangkan rasa lelah Anda.Belajar menulis artikel sebaiknya dilakukan setiap hari agar dapat merasakan asiknya menulis artikel. Luangkan waktu dan tulislah dengan tekad yang kuat bahwa Anda bisa menjadi penulis hebat.

Demikianlan tips ini saya tulis dan semoga bisa memberikan gambaran positif kepada Anda untuk belajar menulis artikel. Anda tidak akan paham asyiknya menulis artikel sebelum mencoba. Semakin sering membuat arikel, kalimat setiap paragrafnya pasti semakin bagus
, unik, dan menarik. Baca: Ciri - Ciri Paragraf