Area Baca

12/28/2014

Hukum I Newton

Untuk lebih memahami hukum I Newton lakukanlah percobaan  berikut !Cobalah letakkan segelas air mineral diatas selembar kertas HVS lalu tarik kertas HVS pelan-pelan sekali, apa yang akan terjadi dengan gelas air mineral tersebut ? lalu letakkan kembali gelas air mineral tersebut di atas kertas HVS dan tarikketas HVS dengan cepat ?adakah perbedaan dari kedua percobaan tersebut ? mengapa hal itu dapat terjadi ? 


Hukum I Newton disebut juga dengan hukum kelembaman atau hukum inersia. Hal ini karena benda yang mendapat atau dikenai gaya bersifat lembam atau malas. Benda cenderung malas bergerak dan akan mempertahankan keadaan atau posisi benda sebelum dikenai gaya.

Bunyi hukum I Newton
Menurut Newton “ apabila resultan gayayang bekerja pada benda sama dengan nol maka benda yang diam akan tetap diam, dan benda yang sedang bergerak lurus beraturan akan tetap bergerak lurus beraturan”. Pernyataan tersebut dikenal dengan hukum I Newton. Pernyataan Newton tersebut dapat dituliskan ∑F = 0

Seperti pada percobaan yang telah dilakukan ketika gelas air mineral diletakkan di atas kertas dan kertas ditarik pelan-pelan maka gelas air mineral akan ikut bergerak bersama dengan kertas, hal ini karena gaya yang diberikan mengakibatkan gelas air mineral mengalami percepatan, percepatan ini yang akan menyebabkangelas air mineral bergerak. Sedangkan jika kertas ditarik dengan cepat mengakibatkan gelas air mineral memiliki percepatan sesaat (percepatan sesaat mendekati atau sama dengan nol) sehingga gelas air mineral akan tetap diam.

Aplikasi hukum I Newton dalam kehidupan sehari-hari :
1. Tubuh akan terdorong ke depan saat kendaraan yang kita naiki bberhenti mendadak, karena tubuh sedang mempertahankan posisi diam.
2. Tubuh akan terdorong ke belakang saat di dalam kendaraan dan kendaraan tersebut dijalankan mendadak, karena tubuh mempertahankan posisi diam.
3. Lift yang bergerak naik turun dengan kecepatan tetap, pada saat belajar gerak lurus beraturan kita sudah tahu bjika kecepaan benda tetap maka percepatan benda = 0
4. Benda-benda yang terletak di atas meja akan tetap berada di atas selama tidak ada gaya luar yang memindahkan barang-barang tersebut.
5. Pemain ice skating dapat meluncur di atas ice tanpa mengeluarkan tenaga. Hal ini karena lapangan ice skating sangat kicin sehingga hampir tidak ada gaya gesek antara sepatu pemain ice skating dengan lapangan, sehingga kecepatan pemain ice skating meluncur selalu konstan dan percepatan pemain meluncur sama denga nol.
6. Bandul sederhana akan tetap berayun dengan kecepatan yang sama jika tidak ada gaya luar yang bekerja pada bandul.
Demikianalah sekilas tentang hukum I Newton semoga bermanfaat.