Area Baca

12/11/2014

Perubahan Materi Zat

Pada saat listrik mati, seringkali kita menggunakan lilin sebagai penerang di malam hari. Jika kita perhatikan sumbu pada lilin yang awalnya berwarna putih akan berubah menjadi arang yang berwarna hitam. Sedangkan batang lilin akan meleleh atau mencair.
Untuk mengetahui perbedaan perubahan materi pada lilin yang menyala, perhatikan uraian berikut !


Sebelum membahas perubahan fisika ataupun perubahan kimia, kita harus memahami sifat fisika dan sifat kimia suatu materi. Sifat fisika antara lain wujud warna, wujud, titik leleh dan titik didih, serta kelarutan zat . Sedangkan Sifat kimia suatu materi didasarkan pada kemampuan materi dalam melakukan perubahan kimia

1. Perubahan Fisika
Perubahan fisika ialah perubahan suatu materi yang tidak dihasilkan zat jenis baru.
Contohnya beras ditumbuk menjadi tepung beras, batu besar yang berubah menjadi kerikil, es batu yang berubah menjadi air.
Beras sudah berubah menjadi tepung, hanya menunjukkan ukuran dan bentuk molekulnya yang berubah, sedangkan sifat molekul zat pada beras dan tepung tetap sama.
Peristiwa perubahan wujud zat, antara lain : membeku, mengembun, mengkrsital, mencair, menyublim,dan menguap merupakan perubahan fisika.
ciri- ciri pada perubahan fisika :
1. tidak dihasilkan zat jenis baru,
2. zat yang dihasilkan dapat kembali ke bentuk semula (reversible)
3. hanya diikuti perubahan sifat fisika zat

Perubahan fisika seperti perubahan bentuk, perubahan ukuran, maupun perubahan warna. Pada perubahan fisika, memungkinkan kita untuk mendapatkan kembali materi zat semula, tetapi tidak dalam bentuk yang sama seperti awalnya. Misalnya, gelas yang jatuh dari atas meja akan pecah. Pada peristiwa ini terjadi perubahan fisika, karena hanya terjadi perubahan bentuk (awalnya berbentuk gelas akan berubah menjadi pecahan-pecahan gelas) tetapi sifat dasar gelas dan pecahan gelas masih tetap sama, yaitu sama-sama seperti kaca..

2. Perubahan Kimia
Perubahan kimia adalah perubahan materi yang menghasilkan zat jenis baru. Misalnya pada kayu yang di bakar akan menjadi arang lalu menjadi abu. Kayu, arang dan abu pastilah memiliki sifat yang berbeda. Perubahan kimia seringkali disertai dengan reaksi kimia.
Ciri-ciri perubahan kimia suatu zat :
1. terbentuk zat jenis baru,
2. zat yang dihasilkan tidak dapat kembali ke bentuk semula (irreversible)
3. diikuti oleh perubahan sifat kimia melalui reaksi kimia.

Ciri-ciri yang menunjukkan suatu zat mengalami perubahan kimia adalah adanya perubahan warna, perubahan bau, pembentukan gas, timbulnya cahaya, pembentukan endapan baru, dan perubahan pH.
Contoh perubahan kimia : mangga yang membusuk, kertas yang dibakar menjadi abu, peristiwa fotosintesis, besi yang berkarat, nasi basi

Dari uaraian diatas, dapat kita simpulkan perubahan pada sumbu lilin yang berubah menjadi arang adalah perubahan kimia. Sedangkan perubahan yang terjadi pada batang lilin yang mencair adalah perubahan fisika.