Area Baca

12/31/2014

Tips Belajar Matematik Secara Efektif

Belajar matematik itu berbeda dengan belajar mata pelajaran lainnya. Matematik adalah satu mata pelajaran yang memerlukan penyelesaian masalah. proses penyelesaian tersebut dapat membantu anda untuk lebih memahami topik-topik matematik, lebih mengingat fomula matematik, dan meningkatkan tahapan dan teknik menjawabnya. Permasalahan yang paling penting dalam mempelajari matematik adalah bagaimana memahami konsep dasarnya. Belajar matematik itu tidak semudah membalik telapak tangan, tidak pula sesusah mencari jarum dalam tumpukan jerami. Mata pelajaran ini sebaiknya jangan dihafal tetapi dipahami.

Berikut ini beberapa tips belajar matematik yang terbaik:

1. Niat ingin belajar matematik. Mantapkan dahulu apa tujuan Anda belajar matematik. Apabila Anda sudah meniatkan diri belajar matematik, pasti tidak ada kata malas dan bosan untuk mempelajarinya.

2. Berusaha menyukai pelajaran matematika. empelajari setiap mata pelajaran tentunya berbeda-beda tingkat kesulitannya. Seringkali untuk mempelajari matematik, para siswa kesulitan. Para guru pun akan bersaha keras mencari cara bagaimana agar setiap siswa menyukai dahulu pelajarannya.

3. Perbanyaklah membuat dan mengerjakan soal latihan daripada membaca.

4. Carilah soalan-soalan lepas. Soalan-soalan lepas adalah gambaran tentang apa yang perlu Anda tahu dalam setiap subjeknya.

5. Berlatihlah secara rutin. Semakin banyak latihan soal yang Anda kerjakan, maka semakin paham pula dengan materi yang sedang Anda hadapi.

6. Matematik adalah mata pelajaran yang membutuhkan kedisiplinan dalam menjawab soal. Cobalah kerjakan soal matematik dengan cepat. Saat mengerjakan, konsentrasilah sejenak, agar dapat fokus dan cepat dalam menyelesaikan soal tersebut.

7. Anda perlu memahami ilmu hitung, mulai dari penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Jangan hanya hafal, tetapi harus memahami ilmu hitung tersebut. Jika menghafal, sering kali lupa. Apabila selalu bergantung pada mesin hitung, efeknya otak Anda menjadi lemah.

8. Adanya kemauan untuk menjadi hebat. Hebat yang dimaksud yaitu mampu menyelesaikan soal matematik dengan benar yang diberikan oleh guru maupun dari soal-soal lembar kerja siswa.

9. Jangan malu bertanya ke guru apabila tidak tahu. Apabila Anda tidak paham dengan salah satu bab atau bagian tertentu, Anda harus segera tann maksud materi tersebut. Anda bisa menanyakan langsung saat kegiatan belajar mengajar atau saat istirahat. Menanyakan langsung ke guru akan mempercepat penyelesaian rasa penasaran Anda.

10. Jangan malu bertanya ke teman apabila tidak tahu.

Apabila Anda belum ada kesempatan untuk menanyakan langsung ke guru, segera tanyakan ke teman terdekat atau ke teman yang pandai dan memahaminya. Teman yang sudah paham, pasti akan menjelaskan dengan detail. Akan tetapi lihat dulu situasi dan kondisi teman Anda tersebut.

Belajar matematik bukanlah satu pelajaran yang paling susah untuk dipelajari apabila Anda menyukainya terlebih dahulu. Dengan usaha dan teknik yang benar pasti akan terasa lebih mudah untuk menguasainya mata pelajaran tersebut.