Area Baca

1/19/2015

Definisi dan Teknik Membaca Cepat Agar Mudah Diterima Otak

Definisi membaca cepat yaitu teknik membaca untuk mendapat informasi dengan cara membaca langsung ke permasalahan atau fakta yang dicarinya. Membaca cepat ini merupakan salah satu metode untuk membaca yang dilakukan dengan cara membaca dalam hati. Keuntungan membaca cepat yaitu akan memperoleh informasi yang lengkap dalam waktu yang singkat dengan pemahaman isi bacaan yang tinggi juga. Kecepatan membaca terdapat ukurannya, yaitu kata per menit yang disingkat KPM. Ada beberapa kata yang bisa dibaca setiap menitnya dengan rumus :

Kecepatan = (Jumlah Kata/ Jumlah detik) X 60=…….. kata per menit.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membaca cepat yaitu:

1. Tidak membaca per kata. Biasakan membaca menurut kelompok kata.

2. Tidak mengulangi kata atau kalimat yang sudah dibaca.

3. Tidak berhenti lama di awal baris atau kalimat. Hali ini dapat memutuskan hubungan makna antarkalimat atau antarparagrafnya .

4. Carilah kata kuncinya. yang menjadi tanda awal adanya gagasan utama sebuah kalimat.

5. Abaikanlah kata-kata lugas yang mempunyai sifat berulang, misalnya kepada, di, dari, yang , dan sebagainya. Baca: Ciri - Ciri Paragraf 

Membaca cepat itu tidak hanya sekedar membaca tetapi sebaiknya menggunakan teknik. Teknik membaca cepat dapat dibagi dua yaitu dengan metode skimming dan skanning. Apabila membaca anda belum dapat mencapai tingkat kecepatan yang diharapkan, maka berlatihlah agar meningkatakan kecepatan bacanya.

Berikut ini teknik membaca cepat yang paling efektif:

1. Hindari hal-hal yang menghambat dalam kegiatan membaca Anda.

2. Meningkatkan jangkauan pandangan mata dengan berupaya sekali pandang dapat mencapai 3-4 kata atau langsung sekelompok frasa.

3. Konsentrasi. Setiap tulisan yang dibaca, konsentrasilah agar otak Anda dapat langsung menangkap arti dan maksudnya.

Saat membaca cepat, tentunya tidak semulus apa yang Anda harapkan. Ada beberapa hambatan yang dapat mempengaruhi kecepatan membaca yaitu:

1. Vokalisasi, yaitu dengan bersuara

2. Gerakkan bibir Anda seperti bibir berkomat-kamit

3. Tunjuklah setiap kata dengan jari Anda.

4. Gerakkanlah kepala dari kiri ke kanan. Maksudnya pandangan Anda harus mengikuti tulisan yang dibaca

5. Regresi, yaitu bacalah ulang yang sudah Anda baca

6. Subvokalisasi,yaitu melafalkannya dalam batin/ pikiran.

Setiap orang di tuntut untuk menjadi pembaca yang efektif. Ukuran kecepatan membaca yaitu kata per menit (KPM). Berikut ini ukuran kecepatan membaca yang efektif:

a. Siswa SD minimal dengan kecepatan 200 KPM

b. Siswa SMA minimal dengan kecepatan 250 KPM

c. Mahasiswa minimal dengan kecepatan 325 KPM

Kegiatan membaca pasti sudah Anda lakukan setiap hari. Akan tetapi, apakah anda sudah mencapai batas minimal kecepatan membaca sesuai tingkat kecepatan yang telah ditentukan? Segera perbaiki kualitas membaca Anda, salah satunya yaitu dengan mengikuti teknik-teknik di atas. Baca: Cara Cepat Belajar Menulis Artikel