Area Baca

1/11/2015

Gelombang Bunyi Ultrasonik

Masih ingatkah dengan bunyi Ultrasonik ?yups, bunyi ultrasonik adalah bnyi yang frekuensinya 20.000 Hz

Pengertian Gelombang bunyi Ultrasonik

Gelombang ultrasonik merupakan gelombang bunyi yang frekuensinya sangat tinggi yaitu 20.000 Hz. Gelombang bunyi ultrasonik tidak dapat di dengar oleh manusia. Gelombang bunyi ultrasonik dapat didengar oleh kelelawar, anjing kucing, lumba-lumba. Gelombang bunyi ultrasonik merambat melalui zat padat, zat cair dan zat gas. Reflektivitas gelombang bunyi ultrasonik di permukaan zat padat hampir sama dengan Reflektivitas gelombang bunyi ultrasonik permukaan zat cair. Gelombang bunyi ultrasonik akan diserap oleh tekstil dan busa.

Manfaat gelombang bunyi ultrasonik pada hewan
Lumba-lumba memanfaatkan gelombang bunyi ultrasonik untuk berkomunikasi. Kelelawar mampu menghasilkan gelombang bnyi ultrasonik dengan frekuensi 100.000 Hz. Gelombang bunyi ultrasonik pada kelelawar dimanfaatkan sebagai alat unuk mengetahui posisi makanan dan benda-benda pada saat terbang. Sehingga kelelawar dapat terbang tanpa menabrak dan dengan mudah menenmukan makanan.

Aplikasi gelombang bunyi ultasonik pada alat elektronik

Beberapa peralatan elektronik memanfaatkan gelombang bunyi ultrasonik. Gelombang bunyi ultrasonik pada elektronik dihasilkan oleh getaran-getran elastis sebuah kristal kuasa yang diinduksikan dengan medan listrik bolak balik yang menggunakan efek piezoelektrik.

Kelemahan dan kelebihan gelombang bunyi ultrasonik

Kelemahan gelombang bunyi ultrasonik ialah frekuensi terlalu tinggi sehingga tidak dapat di dengar oleh manusia, sedangkan kelebihan gelombang bunyi ultrasonik adalah mudah di fokuskan. Pemantulan gelombang ultrasonik banyak dimanfaatkan untuk navigasi radar dan mendeteksi sensor pada robot maupun hewan.

Manfaat Gelombang Bunyi Ultrasonik
Gelombang Bunyi Ultrasonik banyak dimanfaatkan oleh bidang kesehatan, pertahanan maupun bidang industri.
1. Dalam bidang kesehatan
Gelombang bunyi ultrasonik mampu melihat organ-organ dalam tubuh manusia. Gelombang bunyi ultrasonik dimanfaatkan untuk mendeteksi tumor, hati, liver, menyelidiki otak dan menghancurkan betu ginjal. Gelombang ultrasonik juga dimanfaatkan untuk USG (ultrasonografi).

2. Dalam bidang industri
Pada bidang industri gelombang bunyi ultrasonik dimanfaatkan untuk mendeteksi keretakan pada logam, meratakan campuran susu agar homogen, meratakan campuran besi dan timah, mensterilisasi makanan yang diawetkan dalam kaleng, membersihkan benda benda yang sangat halus. Gelombang ultrasonik juga dimanfaatkan untuk mendeteksi keberadaan mineral maupun minyak bumi yang tersimpan di dalam bumi.

3. Dalam bidang pertahanan
Dalam bidang pertahanan gelombang ultrasonik dimanfaatkan sebagai radar atau navigasi. Gelombang ultrasonik juga digunakan untuk detektor di dalam air. Gelombang ultrasonik dipasang pada kapal pemburu untuk mengetahui keberadaan kapal selam. Gelombang ultrasonik juga dipasang pada kapal selam untuk mengetahui keberadaan kapal yang berada di atas permukaan air. Gelombang ultrasonik jga dimanfaatkan untuk mengukur kedalaman palung laut, mendeteksi ranjau, an menentukan puosisi sekelompok ikan.
Demikianlah sekilas tentang gelombang bunyi ultrasonik semoga bermanfaat.