Area Baca

2/18/2015

Susunan Tata Surya

gambar 1
Susunan tata surya terdiri dari matahari, planet-planet dan satelit alami planet, asteroid, meteorid, komet. Matahari sebagai pusat tata surya di kelilingi oleh anggota tata surya yang lainnya. Lintasan benda benda langit mengelilingi matahari disebut orbit.

Matahari merupakan anggota penyusun tatasurya yang memancarkan cahaya sendiri. Matahari merupakan bintang yang paling dekat dengan bumi. Suhu di inti matahari sekitar 35.000.000 ⁰C dan pada bagian tepinya hanya 6000⁰C. Matahari berputar pada sumbunya dari arah barat ke timur.

Anggota tatasurya yang lainnya ialah planet. Planet merupakan benda langit yag tidak memancarkan cahaya. Ada 8 planet yang ada ditatasurya kita, seperti yang terlihat pada gambar 1.
Berikut susunan planet dalam tatasurya :
a. Merkurius
Merupakan planet yang jaraknya paling dekat dengan matahari. Hal itu menyebabkan suhu pada permukaan merkurius sangat panas. Merkurius dapat dilihat dari bumi dengan mata telanjang pada sore hari setelah matahari terbenam maupun pada pagi hari sebelum matahari terbit.
b. Venus
Merupakan planet yang jaraknya paling dekat dengan bumi. Venus tersusun dari lapisan silikat yang tipis, besi dan unsur berat lainnya. Venus juga disebut dengan bintang fajar dan bintang timur karena venus terlihat dari bumi sesaat sebelum matahari terbit.
c. Bumi

Merupakan satu-satunya planet di tatasurya yang dapat dihuni oleh makhluk hidup. Bumi mempunyai satelit alami yaitu bulan.
d. Mars
Merupakan planet yang jaraknya dekat dengan bumi. Mars juga dkenal sebagai planet merah. Mars mempunyai dua satelit alami yaitu Phobos dan Deimos.
e. Jupiter
Merupakan planet terbesar dalam tatasurya. Jupiter mempunyai 16 satelit alami.
f. Saturnus
Ciri khas planet ini ialah mempunyai cincin yang mengitarinya dan merupakan planet terbesar kedua di dalam tatasurya setelah jupiter. Saturnus mempunyai 17 satelit alami.
g. Uranus
Ciri khas uranus ialah berwarna hijau kebiru-biruan karena atmosfernya banyak mengandung metana, hidrogen dan helium. Uranus mempunyai 15 satelit alami.
h. Neptunus
Merupakan planet yang jaraknya paling jauh dari matahari sehingga suhunya sangat dingin. Neptunus mempunyai 8 satelit alami.

Susunan tata surya juga terdiri dari asteroid, yaitu planet-planet kecil yang bentuknya tidak teratur. Orbit asteroid terletak diantara orbit planet mars dan planet jupiter.

Meteor atau yang biasa disebut dengan bintang jatuh juga merupakan benda langit yang memasuki atmosfer bumi. Sedangkan meteorid merupakan meteor yang mecapai permukaan bumi. Metor dan metorid merupakan anggota penyusun tatasurya.
meteor 
Satelit merupakan benda langit yang bergerak mengelilingi planet dan bersama-sama dengan planet bergerak mengelilingi matahari. Selain itu satelit juga berputa rpada porosnya. Bulan merupakan salah satu satelit.

Komet atau yang disebut bintang berekor merupakan anggota penyusun tatasurya yang tersusun dari kumpulan debu dan es. Komet halley merupakan komet yang mendekati bumi setiap 76 tahun sekali.
komet yang terlihat dari bumi
Demikianlah sekilas tentang susunan tatasurya, semoga bermanfaat.