Area Baca

3/31/2015

Manfaat Senam Hamil

Manfaat senam hamil sangat baik bagi kesehatan ibu hamil. Senam hamil adalah senam khusus yang dilakukan oleh ibu hamil, gerakan senam hamil yang ringan dan tidak membutuhkan banyak energi telah disesuaikan dengan kondisi tubuh ibu hamil.

Masa kehamilan merupakan moment yang ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri. Menjaga kesehatan ibu dan janin yang ada dikandungan menjadi prioritas utama pasangan suami istri. Salah satu cara menjaga kesehatan ibu dan janin ialah dengan melakukan senam hamil. Senam hamil dapat dilakukan sendiri di rumah ataupun mendatangi tempat senam. Senam hamil dilakukan dengan pengawasan instruktur senam. Senam hamil memberikan banyak manfaat bagi ibu dan janin yang masih berada di dalam kandungan.

Manfaat senam hamil, antara lain :
1. Meningkatkan energi
Energi anda akan banyak tersedot pada masa kehamilan. Olahraga yang dilakukan secara teratur akan memperkuat sistem kardio vaskular sehingga anda mudah capek. Sebaiknya anda melakukan olahraga ringan secara rutin selama 30 menit.

2. Tidur menjadi nyenyak
Ketika kandungan anda sudah menginjak usia 5 bulan anda akan mengalami posisi tidur yang susah karena perut yang sudah mulai membesar di bagian depan. Ketika melakukan senam hamil anda akan merasa capek karena banyak mengeluarkan energi sehingga akan tidur dengan nyenyak.

3. Mengurangi rasa tidak nyaman pada masa kehamilan
Olahraga yang dilakukan secara teratur akan memperkuat dan meregangkan otot-otot sehingga tubuh menjadi toleran terhadap rasa sakit yang dialami selama kehamilan. Peregangan otot bermanfaat mengurangi rasa sakit di punggung, olahraga dengan berjalan kaki bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi, berenang bermanfaat untuk memperkuat otot abdomen.

4. Mempersiapkan proses persalinan
Proses kelahiran hampir sama dengan lari maraton yang membutuhkan determinasi, stamina, dan juga fokus. Olahraga teratur akan mempermudah proses persalinan anda.

5. Mengurangi stres dan meningkatkan stamina
Kelahiran anak merupakan perubahan besar dalam hidu anda. Anda akan menjadi semangat ataupn sebaliknya anada menjadi cemas dan stress karena kelahiran sang anak. Olahraga secara teratur mampu meningkatkan serotonin tubuh, yaitu reaksi kimia otak yang berpengaruh terhadap mood sehingga membuat anda menjadi lebih bersemangat.

6. Meningkatkan citra diri
Anda mungkin akan syok dengan perubahan berat tubuh and selama masa kehamilan dan pasca melahirkan. Dengan olahraga yang teratur akan memberikan anda peluang untuk mendapatkan berat badan ideal. Olahraga secara teratur juga dapat mengembalikan bentuk tubuh anda seperti sebelum hamil.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan senam hamil :
a. Senam hamil dilakukan dengan persetujuan dokter kandungan dan dimulai ketika usia kehamilan 22 minggu.
b. Hentikan senam jika terjadi mengalami nyeri, pendarahan, dan sering kontraksi dan segera erkonsultasi dengan dokter.
c. Ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit paru-paru, kelainan letak plasenta, pendarahan, hipertensi, dan preeklamsia, sebaiknya tidak melakukan program senam hamil.
Demikianlah sekilas tentang manfaat senam hamil, semoga bermanfaat.