Area Baca

3/30/2015

Renang Gaya Punggung

Renang gaya punggung atau Back Crawl Stroke mulai diperkenalkan pada tahun 1912. Renang gaya punggung merupakan gaya renang yang paling berbeda dengan gaya renang lainnya. Umumnya orang berenang dengan dada menghadap permukaan air, tetapi pada gaya punggung posisi wajah menghadap ke atas dan bagian punggung menghadap permukaan air sehingga tidak bisa melihat apa yang ada di depannya. Pada renang gaya punggung posisi tubuh telentang di atas permukaan air dengan kedua tangan digerakkan menuju pinggang secara bergantian seperti gerakan mengayuh. Posisi wajah yang menghadap ke atas memudahkan perenang untuk bernafas melalui mulut dan hidung.

Berikut teknik dasar gerakan renang gaya punggung :

1. Posisi badan
Posisi badan pada renang gaya punggung dengan tidur telentang di atas permukaan air. Posisi ini cukup sulit dilakukan oleh pemula karena muncul rasa takut tenggelam di dalam air.

2. Gerakan kaki
kedua kaki digerakkan naik turun secara bergantian seperti pada renang gaya bebas. Gerakan kaki dilakukan dengan cepat secara bergantian sehingga arah berenang menjadi lurus ke depan dan tidak melenceng atau berbelok arah. 

3. Gerakan tangan
Pada tangan posisi awal berenang satu tangan lurus di atas kepala lalu mengayuh ke arah belakang menuju pinggang kemudian angkat tangan dari permukaan air dan kembali pada posisi awal. Ulangi langkah tersebut menggunakan tangan yang lain secara bergantian ketika tangan kanan masuk ke dalam air maka tangan kiri ke luar dari permukaan air begitu seterusnya.


4. Gerakan mengambil nafas
Perenang gaya punggung dapat dengan mudah bernafas dengan menggunakan hidung atau mulut karena posisi wajah berada di atas permukaan air. pengambilan nafas pada gaya punggung dilakukan saat lengan kiri beristiraha dan pengeluaran nafas dilakukan saat lengan kanan beristirahat, maupun sebaliknya.

5. Gerakan koordinasi
Gerakan koordinasi merupakan perpaduan dari semua unsur gerakan gaya punggung yaitu pada saat mulai meluncur yang diikuti oleh gerakan kaki dan gerakan tangan dan juga gerakan pernafasan yang semuanya dilakukan dengan benar sehingga akan terwujud renang gaya punggung yang baik dan benar.

Tips melakukan renang gaya punggung yang baik dan benar :
a. Posisi kaki agak masuk ke dalam permukaan air sehingga memudahkan kepala tetap berada di atas air sehingga menambah kecepatan berenang.
b. Usahakan agar kaki terus bergerak dan tidak sekalipun berhenti sehingga ketika berenang tetap lurus ke depan dan tidak berbelok arah.
c. Usahakan agar telapak kaki sejajar dan lurus dengan tulang kaki
d. Posisi kedua kaki berdekatan
e. Dekatkan dagu dengan dada untuk menambah kecepatan saat berenang.
f. Ketika memasuki air usahakan agar telapak tangan maemasuki air terlebih dahulu untuk memperkecil tahanan air.
Demikianlah sekilas tentang renang gaya punggung, semoga bermanfaat.