Area Baca

3/14/2015

Sistem Pencernaan pada Manusia


Bagaimana sistem pencernaan pada manusia ? sistem pencernaan manusia melibatkan beberapa organ, diantaranya mulut, kerongkongan, lambung, usus, dan anus. Untuk lebih jelasnya perhatikan uraian berikut.


Sistem pencernaan pada manusia dibedakan menjadi dua jenis, yaitu pencernaan secara kimiawi dan pencernaan secara mekanik. Pencernaan kimiawi ialah pencernaan makanan dengan bantuan enzim-enzim pencernaan, sedangkan sistem pencernaan mekanik ialah sistem pencernaan makanan dengan bantuan alat pencernaan.

Alat-alat pencernaan pada manusia :

1. Mulut
Makanan pertama kali masuk ke dalam mulut. Di dalam mulut terdapat beberapa alat pencernaan, yaitu :
a. Gigi
Gigi berfungsi untuk memotong dan mengunyah makanan yang masuk ke dalam mulut. Gigi manusia dibedakan menjadi gigi taring, gigi seri,  dan gigi geraham.
b. Lidah
Lidah berfungsi untuk menahan makanan pada saat dikunyah dan mendorong makanan masuk ke dalam kerongkongan.
c. Kelenjar ludah
Kelenjar ludah memproduksi enzim ptialin yang berfungsi untuk mengubah zat tepung menjadi gula. Enzim ptialin memberikan rasa manis pada makanan.
Di dalam mulut makanan mengalami pencernaan mekanik dengan bantuan gigi dan ludah, dan pencernaan kimiawi dengan bantuan enzim ptialin.

2. Kerongkongan
Makanan hanya numpang lewat di kerongkongan untuk menuju lambung. Kerongkongan melakukan gerak peristaltik, yaitu gerakan meremas dan mendorong makanan menuju satu arah yaitu menuju lambung.

3. Lambung
Lambung melakukan pencernaan mekanik dengan bantuan otot-otot lambung dan pencernaan kimiawi dengan bantuan enzim yang diproduksi oleh lambung.
 Berikut enzim pencernaan yang diproduksi oleh lambung :
a. Renin , berfungsi mengendapkan kasein yang terkandung di dalam susu
b. Pepsin. berfungsi mengubah protein menjadi pepton
c. HCL, berfungsi membunuh kuman yang masuk bersama makanan

4. Usus duabelas jari
Usus duabelasjari menghubungkan lambung dengan usus halus. Usus ini berukuran 12 jari orang dewasa. Di dalam usus 12 jari terdapat enzim yang berasal dari pankreas dan hati, enzim tersebut kemudian disalurkan ke dalam usus halus. Enzim tersebut diantaranya tripsin, lipase, disakarase, dipeptidase, dan enterokinase.

5. Usus halus
Di dalam usus halus makanan mengalami pencernaan kimiawi dengan bantuan enzim yang dihasilkan oleh pankreas dan hati. Di dalam usus halus terjadi proses penyerapan sari-sari makanan. Sari-sari makanan tersebut diedarkan oleh darah ke seluruh tubuh.

6. Usus besar
Di dalam usus besar sudah tidak terjadi pencernaan makanan, yang ada hanyalah penyerapan air dan garam mineral pada sisa sari-sari makanan yang tidak diserap oleh usus halus. Di dalam usus besar terdapat bakteri Escherichia coli yang berperan dalam proses pembusukan sari-sari makanan di dalam usus besar.

7. Anus
Sisa sari makanan yang sudah mengalami pembusukan dan penyerapan air kemudian dikeluarkan dari dalam tubuh oleh anus dalam bentuk feces.

Demikianlah proses pencernaan makanan pada manusia, semoga bermanfaat.