Area Baca

3/28/2015

Teknik Renang Gaya Bebas

Teknik renang gaya bebas diperlukan agar dapat melakukan renang gaya bebas dengan baik dan benar. Renang gaya bebas atau Crawl Stroke mulai diperlombakan di London pada tahun 1844. Renang gaya bebas merupakan salah satu gaya berenang dengan bagian dada menghadap permukaan air. pada saat melakukan renang gaya bebas posisi wajah mengahadap permukaan air. gaya bebas adalah gaya berenang yang membuat tubuh meluncur lebih cepat dibandingkan dengan gaya renang lainnya.

Berikut teknik dasar renang gaya bebas :
a. Posisi badan
Pada saat melakukan renang gaya bebas usahakan agar posisi badan selalu sejajar dengan permukaan air (stramline). Usahakan untuk menghindari gerakan yang menyebabkan tubuh naik turun dan kondisikan agar tubuh tetap berputar pada sumbunya.

b. Gerakan kaki
Gerakan kaki berperan penting dalan renang gaya bebas, karena gerakan kaki menyebabkan badan meluncur atau terdorong ke depan. Gerakan tungkai kaki berfungsi menjaga keseimbangan tubuh. Pada renang gaya bebas kedua kaki digerakkan secara bergantian ke atas dan ke bawah. Gerakan kaki berawal dari pangkal paha dan usahakan agar gerakan kaki tidak terlalu tinggi tetapi cukup dekat dengan permukaan air.

c. Gerakan tangan
Gerakan tangan juga berperan penting karena menyebabkan tubuh terdorong ke depan. Pada posisi awal usahakan agar kedua tangan lurus ke depan kemudian tangan kiri mengayuh sampai ke belakang kemudian angkat tangan kiri ke atas permukaan air dan ayunkan tangan kiri sejauh mungkin ke arah depan. Kedua tangan bergerak secara bergantian jika tangan kiri mulai di angkat ke permukaan air maka tangan kanan langsung masuk ke dalam air dan langsung mengayuh.

d. Pengambilan nafas
Pengambilan napas renang gaya bebas dilakukan ketika mulut berada di atas permukaan air dengan cara memiringkan kepala ke sisi kanan atau sisi kiri.

e. Gerakan koordinasi
Gerakan koordinasi pada renang gaya bebas merupakan perpaduan dari seluruh rangkaian gerakan renang. Koordinasi gerakan renang gaya bebas dimulai ketika lengan masuk ke dalam air dan kaki bergerak ke atas.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mempelajari teknik renang gaya bebas :

1. Usahakan agar kaki terus bergerak dan tidak pernah berhenti , walaupun sedang mengambil nafas.
2. Tangan kanan dan tangan kiri terus bergerak secara bergantian tanpa ada jeda atau istirahat
3. Usahakan posisi telapak tangan sedikit menghadap ke luar pada saat akan menyentuh permukaan air. Jadi seakan-akan ujung ibu jari tangan yanglebih dulu menyentuh permukaan air
4. Pada saat mengambil nafas dan kepala menoleh ke sisi kanan atau sisi kiri usahakan agar secepatnya kepala masuk ke dalam air lagi.
5. Pengambilan nafas dilakukan setelah tangan bergerak 2 kali untuk menghasilkan gerakan yang stabil dan cepat. Sebaiknya jangan langsung mengambl nafas jika tangan baru bergeraksatu kali.
Demikianlah sekilas tentang teknik dasar renang gaya bebas, semoga bermanfaat.