Area Baca

4/08/2015

Fungsi Manajemen

Fungsi manajemen. Yang disebut dengan fungsi manajemen adalah suatu elemen yang melekat dan selalu ada dalam kegiatan proses menajamen yang dijadikan sebagai suatu acuan oleh seorang manajer pada waktu melaksanakan suatu kegiatan guna mencapai suatu tujuan tertentu. Pada abad ke 20 Henry Fayol mengenalkan fungsi manajemen untuk yang pertama kalinya. Menurut Henry Fayol fungsi dari manajemen ada lima yaitu perencanaan, pengorganisasian, perintah, pengordinisasian, dan juga pengendalian. Namun, seiring dengan berkembangnya zaman fungsi manajemen berubah menjadi empat hal saja yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan juga pengawasan.berikut akan saya paparkan penjelasan dari masing- masing poin yang ada dalam fungsi manajemen tersebut.

Fungsi manajemen yang pertama adalah fungsi perencanaan atau planning. Perencanaan adalah suatu idea tau pemikiran sesuatu hal yang mau dilakukan diwaktu yang akan datang. Perencanaan dilakukan sebagai salah satu proses yang paling penting yang harus diadakan dalam mencapai sebuah tujuan. Adapun beberapa kegiatan yang ada di dalam perencanaan adalah :
· Menetapkan suatu tujuan dan juga suatu target yang akan dicapai
· Merumuskan beberapa strategi yang akan digunakan untuk meraih tujuan dan juga target yang sudah ditentukan
· Memilih sumber daya yang dibutuhkan
· Menetapkan indicator keberhasilan

Fungsi manajemen yang kedua adalah fungsi pengorganisasian atau sering disebut dengan organizing. Fungsi pengorganisasian adalah suatu proses pembagian tugas yang harus dikerjakan untuk melaksanakan beberapa strategi yang telah dirancang didalam fungsi perencanaan. harus dilakukan karena fungsi ini bisa memberikan kemudahan pada seorang manajer saat melakukan sebuah pengawasan dan pembagian tugas pada anak buahnya. Tujuan dari pada pengorganisasian adalah untuk membagi tugas atau kegiatan yang besar dibagi menjadi tugas yang lebih kecil. Kegiatan yang terkandung didalam pengorganisasian adalah :
· Menetapkan tugas dan prosedur yang dibutuhkan
· Menentukan adanya sumber daya
· Merekrut, menyeleksi, melatih, dan juga mengembangkan SDM
· Menentukan penempatan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki

Fungsi manajemen yang ketiga adalah fungsi pengarahan atau directing. Fungsi pengarahan adalah suatu kegiatan yang dilakukan guna memberikan arahan pada anggota untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan. Adanya fungsi pengarahan adalah untuk memotifasi semua anggota agar bisa bekerja dengan penuh tanggung jawab. Kegiatan yang ada dalam fungsi pengawasan adalah :
· Mengimplementasi pembimbingan, dan juga memberikan motivasi pada anggota
· Memberikan pengarahan agar anggota bisa bekerja dengan penuh rasa tanggung jawab
· Memberikan penjelasan tentang tugas pekerjaan
· Memberikan penjelasan tentang kebijakan yang telah ditetapkan

Fungsi manajemen yang terakhir adalah fungsi pengawasan. Pengawasan adalah fungsi terakhir yang ada didalam fungsi manajemen. Fungsi pengawasan diadakan guna memastikan bahwa semua rencana yang telah ditetapkan dalam fungsi perencanaan telah dilaksanakan dengan baik sehingga dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Kegiatan yang ada didalam fungsi ini adalah :
· Evaluasi keberhasilan, apakah hasil yang diperoleh sesuai dengan indicator yang sudah ditentukan
· Mengklarifikasi dan mengoreksi adanya penyimpangan
· Mencari solusi untuk menyelasaikan masalah yang ada
Itu adalah empat fungsi manajemen. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Amiiiiin !!!