Area Baca

4/03/2015

Manfaat Senam Yoga


Ada banyak manfaat senam yoga bagi tubuh. Menurut ilmu kesehatan senam yoga adalah suatu sistem untuk melatih bagian-bagian tubuh melalui gerakan-gerakan yang pelan dan lembut (low impact) dengan memfokuskan pergerakan tubuh melalui meditasi dan keseimbangan pernafasan.



Berikut manfaat senam yoga yang dilakukan secara rutin :
a. Membuat tubuh lebih fleksibel
Fleksibilitas yang terjadi pada tubuh anda merupakan salah satu menfaat senam yoga yang langsung dapat anda rasakan. Misalnya dulu anda tidak dapat menyentuh lutut menggunakan hidung anda, setelah rutin berlatih senam yoga kini anda dapat melakukan hal tersebut.

b. Menguatkan otot-otot tubuh
Selain meningkatkan fleksibilitas tubuh, yoga juga menguatkan otot-otot yang ada di dalam tubuh. Hal ini mencegah nyeri pada punggung, pegal-pegal, dan mencegah arthitis.

c. Memperbaiki postur tubuh
Otot-otot dan tulang punggung membutuhkan keseimbangan untuk menyangga kepala. Postur tubuh yang buruk mengakibatkan tubuh cepat merasa lelah. Senam yoga secara rutin dapat memperbaiki postur tubuh anda dan mencegah nyeri maupun pegal-pegal yang membuat anda cepat merasa lelah.

d. Melindungi tulang punggung
Ruas-ruas tulang belakang bermanfaat untuk meredam kejut yang terjadi antar tulang belakang. Senam yoga secara teratur membuat tulang belakang lebih fleksibel dari sebelumnya sehingga mengurangi kejut antar tulang.

e. Mencegah osteoporosis
Latihan beban merupakan salah satu cara untuk memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis. Ada beberapa gerakan senam yoga yang mengharuskan anda untuk mengangkat beban. Hal ini juga berguna untuk memperkuat kepadatan tulang belakang tubuh anda.

f. Memperlancar peredaran darah
Gerakan senam yoga membuat tubuh anda menjadi rileks. Rileksasi dapat membantu sirkulasi darah terutama pada bagian kaki dan tangan dan mempermudah oksigen masuk ke dalam sel-sel tubuh. Senam yoga juga dapat meningkatkan kadar hemoglobin yang terdapat pada sel-sel darah merah yang berperan sebagai pengangkut oksigen di dalam jaringan tubuh.

g. Membersihkan limpa
Limfa merupakan cairan yang banyak mengandung zat kekebalan tubuh (imun) untuk memerangi infeksi, membuang racun yang ada di dalam tubuh dan juga menghancurkan sel kanker. Ketika melakukan senam yoga otot-otot tubuh akan berkontraksi dan juga meregang dan membuat organ-organ tubuh untuk meningkatkan pembersihan limfa.

h. Melindungi jantung
Ketika melakukan yoga maka mengurangi waktu istirahat jantung dan juga meningkatkan stamina tubuh sehingga asupan oksigen yang diterima oleh sel-sel tubuh menjadi maksimum.

i. Menurunkan tekanan darah
Sebuah penelitian yang dilansir oleh jurnal medis the lancet di Inggris menunjukkan senam yoga sangat baik bagi penderita hipertensi karena dapat menurunkan tekanan darah secara bertahap.

j. Menurunkan kadar gula darah dan kolesterol jahat
Senam yoga dapat meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Senam yoga juga mempu mengontrol gula darah, memperbaiki sensitivitas hormon insulin, menurunkan kadar hormon adrenalin dan kortisol dan dapat menurunkan berat badan. Bagi anda yang menderita diabetes disarankan untuk rajin berlatih yoga.
Demikianlah beberapa manfaat senam yoga, semoga bermanfaat bagi anda.