Area Baca

4/10/2015

Pengertian Manajemen Keuangan

Pengertian manajemen keuangan. Pada saat ini pengertian dari manajemen keuangan mengalami perkembangan yang sangat pesat. Perkembangan tersebut dapat dilihat dari pengertian manajemen itu sendiri yang tadinya mengutamakan sebuah aktifitas untuk memperoleh anggaran atau dana saja hingga yang mengutamakan sebuah aktifitas untuk memperoleh serta menggunakan dana itu paada sebuah aktifitas yang dilakukan. Manajemen keuangan merupakan semua aktifitas atau semua kegiatan pada perusahaan yang dilakukan dalam rangka menggunakan dan mengalokasikan sebuah dana atau anggaran dari perusahaan secara efisien mungkin. Menurut pendapat dari George R. terry didalam manajemen terdapat empat buah kegiatan yaitu planning atau perencanaan, organizing atau organisasi, actuating dan juga controlling.

Berikut adalah kumpulan dari beberapa pendapat para ahli tentang pengertian manajemen keuangan.
· Menurut Bambang Riyanto manajemen keuangan adalah seluruh aktifitas yang dilakukan oleh perusahaan yang berkaitan dengan suatu usaha untuk mendapatkan sebuah dana yang dibutuhkan dengan anggaran yang minimal dan juga syarat yang utama adalah bisa menguntungkan serta usaha didalam menggunakan dana itu secara efisien.
· Menurut Suad Husnan pengertian dari manajemen keuangan sangat singkat yaitu manajemen pada fungsi keuangan.
· Menurut James Van Horne juga berpendapat bahwa manajemen keuangan adalah semua aktivitas yang memiliki hubungan dengan pendapatan, pendanaan dan juga pengelolaan sebuah aktivitas dengan sebuah tujuan yang menyeluruh.
· Menurut Liefman manajemen keuangan adalah suatu usaha yang dilakukan untuk menyediakan dana atau uang dan untuk menggunakan uang atau dana tersebut untuk memperoleh suatu tujuan dari perusahaan.
dari beberapa pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa manajemen keuangan merupakan sebuah proses didalam sebuah kegiatan keuangan suatu perusahaan yang memiliki hubungan dengan beberapa upaya untuk memperoleh dana perusahaan dan untuk meminimaliskan dana perusahaan dan juga upaya untuk mengelola keuangan suatu perusahaan atau organisasi guna mencapai sebuah tujuan.

Manajemen keuangan merupakan sebuah manajemen yang sangat peka terhadap fungsi- fungsi keuangan. Sedangkan fungsi dari keuangan tersebut adalah suatu kegiatan dimana kegiatan utama yang dilakukan adalah bertanggung jawab kepada suatu bidang tertentu. Fungsi dari adanya manajemen keuangan itu sendiri adalah untuk menggunakan, menempatkan dan juga mengatur dana yang telah diperoleh seminimal mungkin. Karena pengertian dari manajemen keuangan itu sendirir adalah sebuah aktifitas sebuah perusahaan yang berhubungan dengan cara sebuah perusahaan untuk mendapatkan dana, dan cara menggunakan, dan juga mengelola dana yang diperoleh untuk mencapai tujuan dari sebuah perusahaan.

Dari adanya beberapa penjelasan tentang pengertian manajemen keuangan diatas, dapat dikatakan bahwa manajemen keuangan memiliki tiga aktivitas atau kegiatan yang saling berkaitan satu sama lain. Kegiatan tersebut adalah :
· Sebuah aktivitas didalam penggunaan anggaran. Maksudnya yaitu sebuah kegiatan untuk menginveskan dana yang dimiliki oleh perusahaan kepada suatu aktiva
· Sebuah aktivitas dalam mendapatkan dana. Maksudnya adalah sebeuah kegiatan untuk memperoleh sumber dana, baik itu dari sumber internal atau pun dari sumber eksternal
· Sebuah aktivitas pengelolaan suatu aktiva. Maksudnya yaitu setelah mendapatkan dana kemudian dana itu dialokasikan pada sebuah aktiva dan mengelola dana itu seefisien mungkin.