Area Baca

4/14/2015

Pengertian Manajemen Strategi

Pengertian manajemen strategi. manajemen strategi adalah proses dari rangkaian seluruh kegiatan pengambilan keputusan yang memiliki sifat menyeluruh dan juga mendasar, diikuti penetapan tata cara untuk melaksanakannya, yang telah dibuat oleh pimpinan serta diimplementasikan oleh semua jajaran yang ada di dalam suatu organisasi, guna mencapai tujuan. Manajemen strategi juga disebut dengan ilmu atau seni tentang penyusunan penerapan dan juga evaluasi keputusan suatu organisasi guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Oleh sebab itu, kegiatan dalam manajemen strategi lebih focus pada proses dalam menetapkan suatu tujuan berorganisasi, pengembangan kebijakan dan perencaan sesuatu untuk mencapai tujuan disertai dengan pengalokasian sumber daya yang ada guna menerapkan adanya kebijakan dan perencanaan suatu tujuan yang akan dicapai. Di dalam manajemen strategi terjadi kombinasi dari bagian fungsional, kombinasi itu terjadi untuk mewujudkan tujuan dari organisasi yang telah di tetapkan sebelumnya. Manajemen strategi merupakan manajemen tertinggi yang disusun oleh para anggota dewan direksi yang kemudian di jalankan oleh pihak CEO dan juga tim eksekutif. Dalam manajemen strategi terdapat tiga tahapan yang harus dilalui yaitu perumusan, pelaksanaan dan juga evaluasi.

Pengertian manajemen strategi diwujudkan pada bentuk perencanaan yang memiliki skala besar dalam artian mencakup semua komponen pada lingkungan organisasi yang telah dituangkan dalm bentuk rencana strategi yang telah dijabarkan menjadi rencana operasional, kemudian dijabarkan dalam bentuk program dan proyek tahunan. Renstra telah dijabarkan menjadi sebuah rencana operasional yang berisi tentang program proyek dan juga sasaran jangka sedang masing –masing itu merupakan keputusan manajemen yang paling tinggi. Dalam menentapkan sebuah rencana operasi harus melibatkan pihak manajemen puncak karena sifatnya mendasar dalam rangka melaksanakan semua misi organisasi, guna mewujugkan, mempertahankan dan juga mengembangkan suatu eksistensi pada jangka sedang dan jangka panjang. Strategi dalam program merupakan suatu proyek untuk mancapai sebuah sasaran dan masing-masing dilakukan melalui fungsi manajemen strategi.

Secara garis besar inti dari pengertian manajemen strategi adalah suatu kegiatan yang diadakan untuk mengidentifikasi tujuan dari organisasi, sumber daya, dan cara menggunakan sumber daya yang ada, agar bisa digunakan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan. Pada saat ini manajemen strategi harus member pondasi dasar yaitu pedoman didalam mengambil suatu keputusan dalam kegiatan organisasi, hal ini merupakan suatu proses yang saling berkesinambungan. Rencana strategi dari organisasi merupakan salah satu dokumen hidup yang akan selalu dikunjungi bahkan mungkin hal ini dianggap sebagai suatu cairan yang penting karena rencana strategi harus selalu dimodifikasi, seiring dengan berkembangnya informasi terbaru.

Dari adanya pengertian manajemen strategi yang cukup luas diatas, menunjukan bahwa manajemen strategi adalah suatu system yang menjadi satu kesatuan dan mempunyai beberapa komponen yang saling mempengaruhi, saling berhubungan dan semua koponen tersebut bergerak menuju kearah yang sama. Komponen pertama didalam manajemen strategi adalah perencanaan dengan suatu unsure yang berisi tentang visi misi, tujuan dan juga strategi yang paling utama. Komponen keduanya adalah perencanaan dengan unsure tujuan dan pelaksanaan fungsi yang terdapat di dalam organisasi.