Area Baca

4/01/2015

Pengertian Senam Ritmik

Pengertian senam ritmik
Senam ritmik atau disebut juga senam irama merupakan salah satu jenis senam yang didiringi musik dan mengandung suatu unsur keindahan gerakan sehingga senam ritmik digemari oleh banyak orang. Gerakan pada senam ritmik membutuhkan kelenturan, keseimbangan, keluwesan, kontuinitas, fleksibelitas dan ketepatan dengan irama musik pengiring senam. Senam ritmik juga diartikan sebagai suatu rangakaian gerakan senam yang diiringi dengan irama alunan musik

Prinsip senam ritmik
Untuk dapat melakukan senam ritmik dengan baik tentu harus menguasai setiap gerakan sehingga menghasilkan rangkaian gerakan yang indah dan bermanfaat bagi kesehatan jasmani. Dalam melakukan senam ritmik terdapat prinsip-prinsip yang digunakan sebagai dasar untuk melakukan gerakan.
Prinsip-prinsip senam ritmik di antaranya :
1. Irama
Setiap gerakan senam irama selalu diiringi dengan irama musik, sehingga setiap gerakan yang kita lakukan harus mengikuti irama musik pengiringnya agar menghasilkan gerakan yang lentur dan luwes sesuai irama. Umumnya musik yang digunakan sebagai pengiringnya menggunakan irama 2/3, 4/4 dan sebagainya.
2. Fleksibelitas
Fleksibelitas atau kelenturan tubuh diperoleh dengan rajin berlatih senam ritmik. Kelenturan tubuh diperoleh dalam waktu yang cukup lama sehingga anda disarankan untuk rajin berlatih.
3. Kontuinitas Gerakan
Kontuinitas gerakan ini merupakan rangkaian gerakan yang terdapat dalam senam ritmik. Kontinuitas gerakan sudah disusun atau dirancang sebelum senam dilaksanakan. Untuk memperoleh kontuinitas gerakan ini diperlukan ketekunan dalam berlatih.

Alat senam ritmik
Senam ritmik dilakukan dengan menggunakan alat maupun tanpa menggunakan alat. Beberapa alat yang biasa digunakan dalam melakukan senam ritmik, antara lain :
1. Bola
Bola yang biasanya digunakan dalam senam ritmik biasanya terbuat dari bahan plastik dan karet dan berukuran sedang agar dapat dipegang dan dikuasai oleh jari-jari tangan serta tidak terjatuh.
2. Tali
Tali yang biasa digunakan pada senam ritmik terbuat dari bahan yang halus dan tidak mempunyai pegangan yang khusus sehingga dapat dipegang dibagian mana saja. Tali yang digunakan disesuaikan dengan tinggi badan peserta senam. Cara mengukur tali dengan menginjak tali pada bagian tengah kemudian kedua ujung tali dipegang dan diletakkan di depan bahu pesenam.
3. Simpai
Simpai yang biasa digunakan pada senam ritmik umumnya terbuat dari bahan plastik atau yang berasal dari kayu. Peserta senam dapat memilih warna simpai sesuai dengan selera masing-masing. Berat simpai yang digunakan untuk senam ritmik tidak boleh melebihi 300 gram.
4. Pita
Pita yang biasa digunakan untuk senam ritmik umumnya terbuat dari kain saten yang dilengkapi dengan stick atau pegangan tongkat
5. Gada
Gada merupakan alat yang bentuknya seperti botol dan biasanya terbuat dari kayu atau plastik.
Demikianlah sekilas tentang pengertian senam ritmik, semoga bermafaat.