Area Baca

4/02/2015

Senam Yoga untuk Pemula

Senam yoga untuk pemula

Bagi anda yang ingin memulai berlatih senam yoga, jangan khawatir karena merasa takut tidak mampu melakukan gerakan yoga yang membutuhkan kelenturan tubuh. Senam yoga diperuntukkan bagi setiap orang dari berbagai kalangan.

Senam yoga sangat baik bagi kesehatan tubuh karena mampu mencegah datangnya beberapa jenis penyakit, dapat mengurangi sterss dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu senam yoga juga dapat membentuk postur tubuh menjadi lebih baik lagi. bagi anda yang baru memulai senam yoga, berikut kami hadirkan tipsnya.

Tips senam yoga untuk pemula
:
a. Tanamkan pada pikiran anda bahwa ‘ahli yoga’ sebenarnya tidak pernah ada. Yoga bukanlah suatu olahraga kompetitif dan guru-guru yoga masih dapat menemukan berbagai variasi gerakan yoga yang memberikan manfaat berbeda-beda. Yoga merupakan sarana untuk menenangkan pikiran dan menjelajahi tubuh. Melalui gerakan yoga anda dapat mengenali diri sendiri dengan lebih baik lagi. jadi siapapun dapat melakukan yoga kapanpun ia mau memulai berlatih.

b. Sebaiknya jangan terlalu banyak berpikir ketika akan memulai berlatih melakukan sebuah pose yoga. Hilangkan perasaan takut salah dan pikiran kalau anda tidak mampu. Yakinlah jika anda dapat melakukannya. Ikuti saja semua petunjuk keamanan dan gerakan yang diberikan oleh guru yoga anda. Tubuh anda secara otomatis akan menyesuaikan dengan pose yang anda lakukan.

c. Tanamkan dalam diri anda bahwa tidak akan ada yang menertawakan anda jika anda melakukan kesalahan ketika berlatih yoga. Mungkin banyak orang yang lebih fleksibel dan lebih pandai dari anda dalam melakukan pose yoga, tetapi pada saat latihan sudah dimulai masing-masing orang akan sibuk berkonsentrasi dengan pose yoga mereka dan tidak ada yang memperhatikan anda.

d. Sebaiknya jangan memaksakan diri anda untuk melakukan suatu pose yoga. Setiap pose yoga mempunyai beberepa variasi gerakan untuk pemula. Lakukanlah setiap gerakan dan pose yoga untuk pemula dengan sebaik-baiknya sampai anda siap untuk melakukan pose dan gerakan yang lebih sulit lagi.

e. Berlatih yoga membutuhkan kesabaran dan ketelatenan hingga anda benar-benar mahir melakukan sebuah gerakan. Jika anda sudah mahir melakukan sebuah gerakan maka anda akan dilatih untuk meningkatkan untuk melakukan gerakan yag lebih sulit dari gerakan sebelumnya.

f. Setiap gerkan yoga mempunyai manfaat bagi tubuh. Buanglah jauh-jauh dari pikiran anda bahwa gerakan yang anda lakukan tidak ada gunanya. Bukalah pikiran anda dan yakinilah bahwa senam yoga mrerupakan suatu proses yang panjang dan menfaat yoga dapat anda rasakan sedikit demi sedikit.
Demikianlah sekilas tentang yoga untuk pemula, semoga bermanfaat.