Area Baca

4/15/2015

Tujuan Manajemen

Tujuan manajemen. Sebelum anda belajar tentang tujuan dari manajemen, terlebih dahulu anda harus tau tentang manajemen itu sendiri. Manajemen adalah ilmu yang mempelajari tentang perencanaan, pengorganisasian, pimpinan dan juga pengendalian suatu kegiatan organisasi serta proses menggunakan sumber daya yang ada guna mencapai tujuan dari organisasi. Setelah anda mengetahui tentang pengertian manajemen, baru anda belajar tentang tujuan dari manajemen itu sendiri. Dilihat dari macamnya, ada banyak banget jenis dari manajemen diantaranya, manajemen keuangan, manajemen strategi, manajemen pendidikan, manajemen sumber daya manusia, dan masih banyak lagi manajemen-manajemen yang lainnya. Seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa manajemen adalah sebuah organisasi yang melakukan beberapa tahapan guna mencapai sebuah tujuan organisasi yang sudah ditetapkan.

Dalam suatu manajemen terdapat beberapa tujuan yang ingin dicapai, tujuan –tujuan manajemen tersebut diantaranya adalah :
· Tujuan untuk jangka pendek. Tujuan jangka pendek meliputi, tujuan tugas, tujuan pekerjaan, dan juga tujuan gerak
· Tujuan jangka menengah. Tujuan jangka menengah meliputi, tujuan pemasaran, tujuan produksi, tujuan keuangan, dan lain-lain.
· Tujuan jangka panjang. Tujuan jangka panjang meliputi, pencarian tenaga kerja dan juga penyediaan beberapa lapangan kerja.

Diatas telah dijelaskan tentang tujuan dari manajemen secara umum. Kali ini akan kita bahas tentang tujuan manajemen sumberdaya manusia. Tujuan dari manajemen sumber daya manusia adalah untuk memperbaharui kontribusi produktif pada tenaga kerja terhadap organisasi dengan cara bertanggung jawab secara etis, sosial, dan juga secara strategi. para anggota bagian departemen dan manajer sumber daya manusia itu sendiri memenuhi tujuan dengan maksud untuk mencapai apa yang diinginkan. Tujuan manajemen sumber daya manusia bukan hanya mencerminkan sebuah kehendak dari sang manajer, akan tetapi disisi lain juga harus bisa menyeimbangkan beberapa tantangan berorganisasi, fungsi dari SDM, dan orang –orang bisa terpengaruh. Adanya sebuah kegagalan dalam melakukan suatu tugas dalam organisasi dapat menyebabkan suatu kerusakan pada bidang kinerja, laba, produktifitas, atau bisa juga menyebabkan kerusakan pada kelangsungan hidup sebuah perusahaan itu sendiri.

Pada dasarnya ada empat tujuan manajemen sumber daya manusia, tujuan- tujuan tersebut antara lain :
· Tujuan sosial. Tujuan ini dimaksudkan supaya organisasi dapat bertanggung jawab secara etis dan sosial kepada kepada tantangan dan juga kepada keutuhan masyarakat dengan meminimalis dampak negative yang akan timbul
· Tujuan organisasi, tujuan organisasi merupakan sasaran formal yang telah dibuat guna membantu kerja organisasi dalam mencapai suatu tujuan
· Tujuan fungsional merupakan suatu tujuan yang diadakan guna mempertahankan kontribusi dari sumber daya manusiaatau dari kontribusi menuju tingkatan yang sesuai dengan adanya kebutuhan suatu oraganisasi
· Tujuan individual merupakan tujuan yang bersifat pribadi dari masing- masing anggota organisasi yang akan mencapai tujuan melalui sebuah aktifitas yang dilakukan di dalam organisasi.