Area Baca

5/22/2015

Hewan Invertebrate Dan Vertebrata

Hewan invertebrate dan vertebrata – Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa di alam semesta ini ada banyak banget makhluk hidup yang ada dan tinggal disini, salah satunya adalah hewan. Hewan yang tinggal di alam semesta ini memiliki banyak jenis, sehingga para ahli membagi atau mengklasifikasikan hewan hewan yang ada berdasarkan atas sepsifikasinya masing masing. Kali ini saya tidak akan membahas tentang semua jenis hewan, tetapi saya hanya akan membahas tentang jenis hewan yang diklasifikasikan berdasarkan atas ada atau tidaknya tulang belakang pada tubuh hewan itu atau yang sering dikenal dengan hewan invertebrate dan juga hewan vertebrata.

Anda dapat mengetahui tentang hewan invertebrate dan juga hewan vertebrata pada postingan kali ini, anda dapat belajar tentang pengertian dari hewan invertebrate dan juga pengertian dari hewan vertebrata. Apa itu hewan invertebrate dan apa itu hewan vertebrata? Pada penjelasan di bawah ini anda akan menemukan jawaban tentang pengertian hewan invertebrate dan juga pengertian hewan vertebrata, maka dari itu simak baik baik penjelasan berikut.

Hewan invertebrate

Hewan invertebrata. Yang dimaksud dengan hewan invertebrate adalah semua jenis hewan yang tidak mempunyai tulang belakang pada tubuhnya. Hewan invertebrate merupakan salah satu hewan kelompok yang sangat besar, karena jenis hewan ini memiliki banyak filum, hal ini berbeda dengan hewan vertebrata sebab hewan vertebrata hanya mempunyai satu sub filum.

Hewan yang tidak memiliki tulang belakang ini atau yang dikenal dengan hewan invertebrate merupakan sebuah organism yang multiseluler, hampir dari semua jenis hewan invertebrate melakukan proses pembentukan koloni dari sel sel individu. Semua sel yang terdapat pada koloni yang terbentuk itu melakukan fungsi nya masing masing, sebab sel sel tersebut memiliki tugas dan fungsi yang berbeda beda.

Jenis hewan invertebrate ini tidak mempunyai dinding sel namun banyak dari jenis hewan invertebrate yang memiliki jaringan. Jenis hewan yang satu ini berkembangbiak dengan cara melakukan reproduksi seksual. Hewan invertebrate adalah jenis hewan atau binatang yang tidak dapat menghasilkan energy sendiri dari dalam tubuhnya.

Hewan vertebrata

Hewan vertebrata ini telah dikelompokan ke dalam filum vertebrata, filum ini berada di bawah filum chordate. Yang dimaksud dengan hewan vertebrata adalah jenis hewan yang memiliki tulang belakang pada tubuhnya atau hewan yang bertulang belakang. Tulang belakang pada tubuh hewan ini adalah rangka dalam yang disebut endoskeleton.

Hewan yang satu ini memiliki ukuran tubuh yang lebih besar, jika dibandingkan dengan jenis hewan invertebrate, jenis hewan vertebrata banyak yang memiliki system saraf yang baik sehingga banyak dari hewan vertebrata yang memiliki kepintaran. Hewan vertebrata memiliki system peredaran darah yang bersifat tertutup dan juga mempunyai endoskeleton atau tulang belakang.