Area Baca

5/23/2015

Klasfikasi Hewan Ayam

Klasifikasi hewan ayam – hewan atau binatang merupakan suatu makhluk hidup yang berada di alam semesta ini. Menurut kamus bahasa Indonesia kata hewan dapat di definisikan sebagai suatu makhluk yang bernyawa sehingga ia dapat bergerak atau melakukan perpindahan tempat dan mampu melakukan reaksi pada saat ada rangsangan dari luar yang datang. Namun hewan tidak memiliki akal budi seperti yang di miliki oleh manusia.

Jika ditinjau dari pengertian sistematika yang modern, hewan hanya diartikan pada kelompok yang memiliki sel banyak atau yang disebut dengan multi seluler dan juga pada kelompok yang terorganisasi pada fungsi fungsi yang berbeda atau jaringan. Jenis kelompok ini disebut dengan istilah histozoa. Selain histozoa ada juga yang disebut dengan hewan heterotrof, hewan heterotrof adalah kelompok hewan yang tidak mampu untuk membuat energy sendiri, untuk mendapatkan energy tersebut hewan harus mendapatkan dari lingkungan sekitarnya.

Hewan merupakan suatu organism eukariota heterotrofik, multi seluler. Namun hal ini mengalami perbedaan dengan nutrisi autotrofik pada suatu tumbuhan, hewan melakukan proses pemasukan bahan organic dengan cara menelan bahan yang telah terurai. Setiap hewan yang ada di ala mini telah diklasifikasikan oleh para ahli untuk mempermudahkan manusia dalam mempelajari masalah hewan. Berikut akan saya jelaskan tentang klasifikasi pada hewan salah satunya adalah klasifikasi pada ayam.

Klasifikasi hewan

Klasifikasi hewan. Klasifikasi ada dua macam klasifikasi modern dan klasifikasi ilmiah, klasifikasi ilmiah adalah suatu cara dari para ahli biologi didalam mengelompokan dan juga mengategorikan suatu spesies dari berbagai organism termasuk hewan baik itu organism yang telah punah maupun organism yang masih hidup. Sedangkan klasifikasi modern itu berakar dari system carolus Linnaeus yang mengelompokan suatu spesies berdasarkan pada persamaan sifat yang di miliki oleh organism itu sendiri.

Klasifikasi tidak hanya berlaku untuk tumbuhan saja, namun juga berlaku untuk hewan. Klasifikasi dilakukan berdasarkan atas urutan yang paling tinggi sampai pada yang paling rendah. Urutan dalam klasifikasi yaitu domain, kingdom, phylum, clasis, ordo, familia, genus, dan juga spesies.

Klasifikasi hewan ayam

Ayam adalah salah satu jenis hewan yang di klasifikasi kan oleh para ahli. Banyaknya jenis ayam yang terdapat di muka bumi ini, mengakibatkan ayam di klasifikasikan berdasarkan pada jenisnya masing masing. Ayam adalah hewan yang memiliki kaki dua, ayam merupakan hewan omnivore sebab selain memakan jenis tumbuhan dan juga bisa memakan daging, namun ia tidak dapat memakan daging secara hidup hidup seperti yang dilakukan oleh binatang karnivora. Di bawah adalah klasifikasi hewan ayam :
  • Kingdom : animalia
  • Phylum : cordata 
  • Sub pilum : vertebrata 
  • Clas : aves 
  • Order : galiforms 
  • Super family : pasianoidea 
  • Family : pasianidae 
  • Genus : galus 
  • Spesies : galus galus lin 
  • Sub spesies : galus galus domestricus linn