Area Baca

5/04/2015

Klasifikasi Tumbuhan Jambu Biji Dan Jagung

Didunia ada banyak sekali jenis tumbuhan yang hidup, diantaranya adalah jambu biji dan juga tumbuhan jagung. Siapa sih yang tidak tahu jambu biji dan jagung? Saya yakin hampir semua orang yang ada didunia tahu buah jambu biji dan jagung, dan bahkan hampir semua orang pernah memakannya. Ada banyak sekali jenis tumbuhan jambu biji dan juga tumbuhan jagung.

Tanaman jambu biji merupakan jenis tumbuhan yang hidup di daerah troopis yang berasal dari Negara brasil. Jambu dan jagung memiliki rasa yang enak. Jambu dan jagung juga memiliki banyak kandungan yang sangat baik untuk tubuh. Karena banyaknya jenis tumbuhan jambu biji dan juga jagung yang sangat banyak, sehingga jenis tumbuhan itu di klasifikasikan menurut jenis dan spesiesnya masing masing termasuk klasifikasi tumbuhan jambu biji dan juga klasifikasi tumbuhan jagung.

Klasifikasi tumbuhan jambu biji

Jambu biji adalah jenis tanaman yang tumbuh didaerah tropis. Jambu biji adalah jenis buah yang berwarna hijau dan memiliki daging yang berwarna putih dan ada juga yang berwarna merah, jambu biji memiliki rasa yang asam dan juga manis, sebab jambu biji mengandung vitamin C.

Jambu biji berasal dari Negara brasil yang dikirim ke Indonesia melalui Negara Thailand. Jambu biji memiliki banyak jenis dan macamnya, seperti jambu sukun, jambu merah, jambu putih, dan lain lain. Jambu biji memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, jambu biji bisa digunakan untuk menyembuhkan diare sebab jambu biji yang masih mentah memiliki rasa yang sepet. Sehingga dapat mengobati diare. Selain itu jambu biji yang berwarna merah juga dapat mengobati penyakit demam berdarah sebab jambu biji merah dapat meningkatkan trombosit. Berikut adalah klasifikasi tumbuhan jambu biji
  • Kerajaan : jenis plantae, eudikotils, rodids
  • Ordo : jenis myrtales 
  • Family : jenis myrtaceae 
  • Upafamili : jenis myrtoideae 
  • Bangsa : jenis myrteae 
  • Genus : jenis psidium 
  • Spesies : jenis p. guava

Klasifikasi tumbuhan jagung

Jagung merupakan jenis tanaman pangan yang banyak mengandung karbohidrat, jaman dahulu jagung sering dijadikan sebagai pengganti nasi atau sering dikenal dengan istilah nasi jagung. Karena jagung banyak mengandung karbohidrat sehingga jagung sering dijadikan sebagai pengganti nasi. Saat ini ada banyak sekali jenis jagung diantaranya adalah jagung yang buat direbus, jagung yang buat disayur dan ada juga jenis jagung yang digunakan untuk memberi makan ternak seperti burung merpati.

Jagung juga sering dimanfaatkan dalam bidang lainseperti dijadikan sebagai bahan baku pembuatan tepung, atau ada juga yang digunakan dalam bidang farmasi. Jika ditinjau dari segi botani, jagung adalah jenis tanaman model yang sangat menarik terutama jika dilihat dari segi genetika. Berikut adalah klasifikasi tumbuhan jagung
  • Pisum sativum : jenis familia leguminosae
  • Zea mays : jenis familia graminae 
  • Dalbergia sisso : jenis leguminosae