Area Baca

5/03/2015

Klasifikasi Tumbuhan Rambutan Dan Tomat

Jika anda bicara macam macam tumbuhan buah buahan, maka ada banyak sekali kalasifikasi buah buahan yang ada dan hidup didunia diantara klasifikasi klasifikasi tersebut adalah klasifikasi tumbuhan rambutan dan kasifikasi tumbuhan tomat. Pada dasarnya ada banyak sekali jenis klasifikasi tumbuhan buah buahan yang lainnya. Namun, jika semua klasifikasi pada tumbuhan buah buahan dibahas sekaligus dalam kesempatan kali ini, bisa jadi pada saat anda membaca tidak akan selesai dalam waktu sehari mengingat ada banyak sekali jenis klasifikasi tumbuhan buah yang ada didunia ini, oleh sebab itu pada kesempatan kali ini saya hanya akan mengulas tentang klasifikasi tumbuhan rambutan dan tomat saja. untuk lebih jelasnya anda bisa menyimak penjelasan berikut.

Klasifikasi tumbuhan rambutan

Rambutan merupakan salah satu jenis buah buahan yang hidup didaerah tropis. Klasifikasi tumbuhan rambutan merupakan spesies dari sapindaceae. Buah rambutan berasal dari asia tenggara, bentuk dari buah rambutan adalah bulat kecil dengan kulit yang berambut. Buah rambutan memiliki warna yang merah pada saat buat itu sudah masak, namun pada saat buah masih mentah memiliki warna kulit yang hijau.

Buah rambutan banyak sekali ditemukan di daerah yang beriklim tropis diantanya adalah amerika bagian tengah, Indonesia, india, filiphina, sri lanka, Thailand, Malaysia, kamboja, dan lain lain. Buah rambutan masuk dalam golongan nephelium lappaceum yaitu jenis tumbuhan yang berbatang kayu dengan bentuk silinder dan permukaan pada bagian batang agak kasar dengan warna yang kecolat coklatan. Batang pada tumbuhan rambutan tumbuh dengan tegak lurus, dan memiliki cabang cabang yang tumbuh dengan condong ke bagian atas namun ada juga yang tumbuh dengan mendatar. Percabangan pada tumbuhan buah rambutan disebut dengan simpodial.

Klasifikasi tumbuhan tomat

Tomat adalah salah satu tumbuhan buah yang bisa dijadikan sebagai sayuran. Tomat bisa dikonsumsi sebagai buah yaitu bisa dimakan secara langsung tanpa mengalami proses pengolahan terlebih dahulu, tomat juga bisa dijadikan sebagai sayuran untuk dimasak sebagai campuran bumbu masakan agar masakan yang masak menjadi lebih enak. Selain itu tomat juga bisa dijadikan minuman dengan cara dibuat jus yang dapat menyegarkan tubuh anda.

Tumbuhan tomat adalah jenis tumbuhan perdu yang berasal dari Negara amerika tengah, meksico, dan juga peru. Tomat memiliki beberapa klasifikasi. Berikut adalah klasifikasi tumbuhan tomat :
  • Kingdom : jenis plantae atau tumbuhan
  • Subkingdom : jenis tracheobionta atau tumbuhan berpembuluh 
  • Super divisi : jenis spermatophyte atau menghasilkan biji 
  • Divisi : jenis magnoliophyta atau tumbuhan berbunga 
  • Kelas : jenis magnoliopsida atau tumbuhan berkeping dua 
  • Sub kelas : jenis solanales 
  • Ordo : jenis solanales 
  • Family : jenis suku terong terongan 
  • Genus : jenis solanum 
  • Spesies : jenis solanum lycopersicium L