Area Baca

6/11/2015

Bagian Sel Hewan Dan Fungsinya

Bagian sel hewan dan fungsinya – Hewan atau disebut juga dengan binatang adalah salah satu penghuni alam semesta ini. Hewan masuk dalam golongan makhluk hidup, dan seperti yang kita semua ketahui bahwa setiap makhluk hidup memiliki struktur organel sel yang terdapat didalam tubuhnya untuk membangtu aktivitas dalam kehidupannya. Sel yang terdapat didalam tubuh hewan merupakan sel eukariotik. Sel sel yang terdapat didalam tubuh hewan maupun tumbuhan itu akan membentuk sebuah jaringan yang berfungsi untuk menjaga kelangsungan hidupnya.

Pada dasarnya jaringan sel itu terdapat didalam tubuh setiap makhluk hidup, namun saat ini saya hanya akan membahas tentang sel hewan saja khususnya tentang sel hewan dan juga bagiannya serta sel hewan dan juga fungsinya. Apa saja bagian bagian yang terdapat dalam sel hewan dan apa saja fungsinya? Anda akan mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut setelah anda menyimak artikel berikut dengan baik.

Sel hewan dan bagiannya

Sel yang terdapat didalam tubuh hewan merupakan jenis sel eukariotik. Bagian bagian sel tersebut akan membentuk sebuah jaringan yang akan membantu menjaga kelangsungan hidup karena jaringan sel ini lah yang akan membantu melakukan aktivitas kehidupan hewan.

Sel sel yang terdapat didalam tubuh hewan memiliki bagian dan juga fungsi masing masing. Sel bisa dikatakan sebagai mesin kehidupan setiap makhluk hidup, maka dari itu bisa anda bayangkan bagaimana jika salah satu sel yang terdapat didalam tubuh mengalami kerusakan? Sangat mengerikan bukan? Sudah tahukan anda tentang sel hewan dan juga bagiannya?

Sel yang terdapat didalam tubuh hewan memiliki bagian masing masing, nah berikut akan saya ulas tentang sel hewan dan bagiannya. Bagian bagian sel yang terdapat dalam tubuh hewan adalah sebagai berikut:
  • Retikulum endoplasma. Bagian sel retikulum indoplasma ini merupakan bagian sel yang luas dan bagian tersebut terdiri dari kantung yang tertutup dan berbelit belit. Bagian ini merupakan tindak lanjut dari membran nukleus. Di permukaan reticulum endoplasma terdapat ribosom
  • Ribosom. Bagian sel ribosom merupakan bagian sel yang bentuknya menyerupai butiran yang kecil dan berada di sitoplasma atau terkadang ada juga yang menempel di retikulum endoplasma 
  • Mitokondria. Bagian sel mitokondria merupakan bagian sel yang memiliki struktur komplek untuk membentuk energi
  • Membran sel. Bagian sel membran sel ini merupakan bagian yang paling luar yang terdapat pada sel hewan

Sel hewan dan fungsinya

Jika diatas sudah dijelaskan mengenai sel hewan dan bagiannya, kini yang akan dibahas selanjutnya adalah sel hewan dan fungsinya. Apa saja sel yang terdapat pada hewan dan apa saja fungsinya? Berikut penjelasannya:
  • Retikulum endoplasma berfungsi untuk proses sintesis protein
  • Ribosom berfungsi sebagai tempat untuk melakukan sintesis protein
  • Mitokondria berfungsi sebagai tempat respirasi aerobic
  • Membran sel berfungsi sebagai pembungkus sel