Area Baca

6/30/2015

Definisi Inflasi

Definisi inflasi – Inflasi merupakan suatu kata yang tidak asing bagi kita semua, karena setiap terjadi kenaikan harga barang maupun jasa yang terjadi secara merata kita pasti mendengar kata inflasi di televisi terutama pada saat acara berita. Inflasi juga seringkali kita dengar pada saat telah terajadi kenaikan harga bahan bakar minyak atau yang disingkat dengan istilah BBM. Apa sebenarnya itu definisi inflasi? Kenapa inflasi sering kita dengar pada saat keadaan sedang mengalami kenaikan harga baik barang maupun jasa.

Jika inflasi berhubungan dengan kenaikan harga barang dan juga jasa yang merata, dengan begitu inflasi dapat dikatakan bahwa inflasi berhubungan dengan masalah perekonomian. Untuk mengetahui jawaban pertanyaan diatas tentang definisi inflasi, kita harus menyimak uraian yang ada dibawah, karena dibawah akan dibahas dan juga dijelaskan tentang definisi inflasi secara lebih detail, sehingga setelah anda membacanya ada kemungkinan jika anda dapat mengerti tentang definisi dari inflasi itu sendiri. Agar bisa lebih jelas, yuk langsung saja kita simak dan juga pelajari secara bersama sama, dan mudah mudahan dapat bermanfaat bagi kita semua yang telah membacanya.

Definisi inflasi

Pada uraian yang ada diatas telah disebutkan mengenai inflasi dan juga kenaikan. Dan hal itu mungkin saja membuat anda menjadi sedikit bertanya Tanya apakah inflasi berhubungan dengan kenaikan harga? Seperti pada pertanyaan yang ada diatas. Jawaban dari semua pertanyaan itu adalah, iya inflasi berhubungan dengan kenaikan harga maka dari itu kita sering mendengar kata inflasi pada saat terjadi kenaikan harga secara merata.

Definisi inflasi itu sendiri adalah suatu kondisi atau juga keadaan dimana semua harga barang maupun jasa mengalami suatu kenaikan harga secara rata, dan kanaikan itu terjadi pada waktu yang lumayan lama. Adanya kenaikan tersebut bukanlah tanpa sebab melainkan ada suatu penyebab yang dapat menyebabkan adanya kenaikan harga barang secara merata. Dan semua penyebab itu akan dijelaskan pada uraian yang ada dibawah.

inflasi

Sama dengan penjelasan diatas bahwa disini akan dijelaskan tentang penyebab dari terjadinya inflasi. Penjelasan diatas sangatlah benar tentang terjadinya inflasi itu bukan tanpa sebab, melainkan ada penyebab yang menyebabkan Negara mengalami inflasi. Beberapa penyebab terjadinya inflasi adalah :
  1. Kenaikan harga BBm atau yang disebut dengan bahan bakar minyak
  2. Terjadinya penurunan dari nilai mata uang rupiah terhadap nilai mata uang dollar 
  3. Terjadinya suatu kenaikan harga pada minyak dunia 
  4. Adanya jumlah barang yang tidak imbang dengan adanya konsumen atau pembeli dengan kata lain, barang yang dijual sangatlah sedikit sedangkan pembeli nya sangat banyak, sehingga mengakibatkan ketidakseimbangan antara kebutuhan barang dengan barang yang diproduksi sehingga dapat menyebabkan terjadinya suatau keadaan yang disebut inflasi.