Area Baca

6/15/2015

Sel Tumbuhan Serta Fungsinya.

Sel Tumbuhan dan fungsinya – Setiap makhluk hidup memiliki sel didalam tubuhnya. Sel tersebut yang membantu makhluk hidup dalam mempertahankan hidup. Tumbuhan adalah salah satu contoh dari makhluk hidup yang memiliki sel didalam tubuhnya. Didalam tubuh tumbuhan terdapat sel khusus yang sudah pasti dimiliki oleh tumbuhan dan tidak dimiliki oleh makhluk hidup yang lain. setiap sel yang terdapat didalam tubuh tumbuhan tersebut memiliki fungsi masing masing yang harus dikerjakan dengan baik supaya tubuh tumbuhan tersebut dapat menjalankan aktivitas hidupnya dengan baik.

Sel yang terdapat didalam tubuh tumbuhan mendapat perlindungan dari dinding sel dan juga dari membran sel. Dinding sel dan juga membran sel yang terdapat didalam tubuh tumbuhan memiliki fungsi untuk melindungi sel sel lain yang terdapat di dalam tubuh tumbuhan dari serangan yang datang dari luar. Sebenarnya fungsi dari dinding sel dan juga membran sel bukan hanya sekedar untuk melindungi sel yang lainnya, masih ada fungsi lain dari dinding sel dan membran sel. Untuk pembahasan lebih lanjutnya akan dijelaskan pada penjelasan dibawah termasuk tentang sel lain yang terdapat didalam tumbuhan.

Sel tumbuhan

Setiap sel yang terdapat didalam tubuh tumbuhan akan mendapat perlindungan dari dinding sel dan juga dari membran sel, sebab salah satu fungsi dari dinding sel adalah melindungi semua sel yang ada di dalam tubuh tumbuhan dari setiap rangsangan yang datang dari luar. Sel yang terdapat didalam tubuh tumbuhan antara lain adalah sel inti atau yang sering disebut dengan istilah nukleus, plastida atau kloroplas, ribosom, mitokondria, badan golgi, retikulum endoplasma, vakuola, dan lain lain.

Masing masing sel tumbuhan tersebut memiliki fungsi sendiri sendiri yang harus dikerjakan dengan baik dan benar supaya tubuh dapat melakukan aktivitas kehidupan dengan benar. Fungsi dari setiap sel sel tumbuhan tersebut akan dijelaskan pada ulasan dibawah.

Sel tumbuhan dan fungsinya

Jika di atas telah di sebutkan tentang sel sel yang terdapat didalam tubuh tumbuhan maka kini kita ulas tentang sel tumbuhan dan fungsinya. Sel yang terdapat didalam tubuh tumbuhan antara lain adalah sebagai berikut :
  • Sel inti atau nukleus, sel ini memiliki fungsi untuk tempat pusat administrasi yang paling utama pada sel dan juga berfungsi untuk mengordinasi sebuah proses metabolisme tumbuhan
  • Plastida atau kloroplas, sel ini memiliki fungsi untuk membantu proses foto sintesis. 
  • Ribosom, sel yang satu ini memiliki fungsi untuk bertanggung jawab atas proses sintesis protein 
  • Mitokondria, sel ini mengandung enzim yang sangat penting yang berfungsi untuk memecahkan karbohidrat yang bersifat komplek untuk dirubah menjadi tenaga. Selain sel tersebut masih banyak lagi sel lain yang ada didalam tubuh tumbuhan.