Area Baca

6/12/2015

Struktur Akar Dan Batang Tumbuhan Monokotil

Struktur akar dan batang tumbuhan monokotil –Kita semua telah mengetahui akan struktur organ yang membentuk tubuh tumbuhan. struktur organ yang membentuk tubuh tumbuhan menjadi sempurna adalah akar, batang, daun, bunga, dan buah. Sebelum membahas tentang beberapa struktur organ yang terdapat dalam tumbuhan, anda harus tahu bahwa setiap tumbuhan yang ada dimuka bumi ini dibagi berdasarkan pembagiannya masing masing. Salah satu contoh system pembagian tumbuhan yang terjadi adalah pembagian tumbuhan dilihat dari bagian bijinya dibagi menjadi dua yaitu tumbuhan dikotil dan tumbuhan monokotil.

Tumbuhan dikotil adalah tumbuhan yang berbiji tertutup, adapun tumbuhan monokotil adalah tumbuhan yang memiliki biji terbuka. Namun saat ini saya akan membahas tentang tumbuhan monokotil saja khususnya tentang struktur akar yang terdapat pada tumbuhan monokotil dan juga struktur batang yang terdapat pada tumbuhan monokotil. Apa sajakah struktur akar dan batang pada tumbuhan monokotil? Yuk mari kita simak penjelasannya secara bersama sama.

Struktur akar tumbuhan monokotil

Tumbuhan dilihat dari segi bijinya dibagi menjadi dua salah satunya adalah tumbuhan monokotil yaitu tumbuhan yang berbiji terbuka. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa setiap tumbuhan itu memiliki struktur akar yang terdapat pada tubuhnya. Begitu juga dengan tumbuhan monokotil. Tumbuhan monokotil juga memiliki struktur akar yang ada pada tubuhnya. Nah, apa struktur akar dari tumbuhan monokotil? Yuk sama sama kita belajar tentang struktur akar tumbuhan monokotil.

Sebelum membahas lebih dalam tentang struktur akar tumbuhan monokotil, anda harus tahu dulu apa itu akar. Akar adalah salah satu organ tumbuhan yang terdapat didalam tanah, meskipun ada sebagian tumbuhan yang akarnya tidak terpendam dalam tanah. akar yang dimiliki oleh tumbuhan adalah untuk menguatkan tubuh tumbuhan dalam menjaga tumbuhan supaya bisa tetap berdiri tegak saat ada angin ataupun air yang besar. Fungsi lain dari akar adalah untuk menyalurkan air dan juga zat mineral pada bagian tubuh yang lain. Adapun struktur akar tumbuhan monokotil terdiri dari:
  • Korteks, epidermis dan juga periskel
  • Xilem dan floem 
  • Empulur

Struktur batang tumbuhan monokotil

Pada penjelasan diatas telah dijelaskan tentang struktur akar tumbuhan monokotil, selanjutnya tentang struktur batang tumbuhan monokotil. Batang adalah organ tumbuhan yang berfungsi untuk menyagak tubuh tumbuhan. struktur jaringan batang yang terdapat pada tumbuhan monokotil adalah sebagai berikut :
  • Epidermis terdapat pada bagian luar batang dan berfungsi untuk menjaga atau melindungi tumbuhan agar tidak kehilangan air
  • Meristem dasar terdapat pada bagian dalam epidermis 
  • Berkas pembuluh terdapat pada bagian meristem, bagian ini memiliki fungsi yang sama seperi fungsi floem dan juga xilem yang terdapat pada tumbuhan dikotil