Area Baca

6/14/2015

Struktur Sel Hewan Dan Tumbuhan

Struktur sel hewan dan tumbuhan – Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup. Sedangkan biologi sel merupakan ilmu yang mempelajari tentang sel yang terdapat dalam tubuh makhluk hidup. Sel itu sendiri merupakan kesatuan struktural dan juga fungsional dari makhluk hidup. Sel itu sendiri memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kehidupan setiap makhluk hidup, meskipun sel merupakan suatu unit yang paling kecil yang terdapat dalam tubuh makhluk hidup, namun sel memiliki bagian bagian yang memiliki peran sangat besar dan sangat penting bagi kehidupan.

Sel dikatakan sebagai unit terkecil dalam tubuh makhluk hidup. Unti itu adalah bagian yang paling kecil yang berada pada kelompok hidup dalam masyarakat, jika di samakan dengan kemasyarakatan sel itu sama halnya dengan keluarga. Keluarga adalah suatu unit yang paling kecil yang terdapat didalam masyarakat, namun keluarga tersebut memiliki pengaruh yang besar terhadap berdirinya suatu desa. Kenapa demikian? Karena dengan adanya beberapa kumpulan keluarga akan terbentuk sebuah desa. Begitu juga dengan sel, dengan adanya kumpulan beberapa sel akan terbentuk kehidupan. Berikut akan saya jelaskan tentang struktur sel hewan dan tumbuhan.

Struktur sel hewan

Sel bisa dikatakan sebagai suatu bagian yang akan menghidupkan suatu makhluk hidup, salah satunya adalah hewan. Jika hewan di ibaratkan sebagai mobil maka sel bisa diibaratkan sebagai mesin dan bagian bagian lainnya yang akan membuat mobil itu menjadi bisa hidup dan bisa berjalan. Nah, sekarang anda tahu bukan betapa pentingnya sel yang terdapat didalam tubuh. Maka dari itu kali ini saya akan membahas tentang struktur sel hewan. Dalam tubuh hewan terdapat struktur sel seperti berikut :
  • Membran plasma. Struktur membran plasma tersusun dari lemak dan protein yang berfungsi untuk melindungi sel sel yang lainnya
  • Sitoplasma. Struktur sitoplasma bersifat koloid yang kompleks 
  • Retikulum endoplasma. Struktur retikulum endoplasma bentuknya menyerupai benang dan bermuara didalam inti sel 
  • Mitokondria. Struktur mitokondria memiliki bentuk menyerupai serutu. Struktur ini memiliki dua buah lapisan membran.

Struktur sel tumbuhan

Pada penjelasan diatas sudah dijelaskan tentang struktur sel hewan, sekarang kita bahas tentang struktur sel tumbuhan. apa saja struktur sel yang terdapat pada tumbuhan? yuk kita simak penjelasannya supaya kita bisa menjawab pertanyaan tersebut. Struktur sel pada tumbuhan dewasa berbeda antara tumbuhan yang satu dengan yang lain. Jika ditinjau secara anatomi struktur sel pada tumbuhan dibagi menjadi tiga bagian yaitu :
  • Selaput plasma. Selaput plasma terdiri atas membran plasma atau yang disebut juga dengan istilah plasmalemma
  • Sitoplasma dan juga organel sel 
  • Inti sel atau yang disebut dengan nukleus