Area Baca

7/31/2015

Definisi Dan Komponen Tata Surya

Definisi dan komponen tata surya – Manusia telah mengenal adanya alam semesta. Konsep manusia pada alam semesta tersebut telah mengalami adanya perubahan secara radikal seiring dengan perkembangan zaman. Pada awalnya, manusia itu berpendapat atau berspekulasi bahwa bumi merupakan pusat dari alam semesta. Akan tetapi setelah ditemukannya beberapa alat alat yang canggih seperti teleskop, membuat manusia memiliki pendapat yang lain, hal ini di karena kan manusia telah menemukan bukti jika pada dasarnya bumi hanya sebuah planet dan manusia juga meyakini bahwa matahari merupakan pusatnya.

Semakin canggih inovasi dari teleskop dan juga dengan diluncurkannya beberapa wahana dari antariksa seperti voyager serta teleskop luar angkasa. Membuat manusia menyadari bahwa matahari bukan sebuah pusat melainkan hanya bintang biasa dan merupakan salah satu anggota dari kelompok bintang yang sering disebut dengan galaksi dan juga meyakini bahwa galaksi merupakan satu dari sekian banyak galaksi yang telah membentuk Alam Semesta. Nah, sudah tahukah anda kenapa saya membahas tentang bumi, matahari, galaksi, dan sebagainya? Jawabanya adalah karena pada artikel ini saya akan mengulas tentang definisi tata surya dan juga komponen tata surya.

Definisi tata surya

Pada keterangan diatas telah saya katakan bahwa di sini saya akan bahas tentang definisi dan komponen tata surya. Yang akan kita bahas lebih dahulu adalah definisi tata surya. Apa itu tata surya? Tata surya adalah kumpulan dari benda benda langit yang terdiri dari satu bintang yang disebut matahari dan seluruh objek yang ikut terikat pada gaya gravitasi. Objek objek itu semua termasuk di dalamnya adalah delapan planet yang telah diketahui menggunakan orbit, planet tersebut memiliki bentuk elips, lima buah planet katai atau planet kerdil, 173 buah satelit alami, serta jutaan benda langit seperti komet, meteor dan yang lainnya.

Tata Surya itu sendiri terbagi atas matahari, empat buah planet yang berada di bagian dalam, empat buah planet pada bagian luar, sabuk asteroid, sabuk kuiper serta beberapa piringan yang tersebar. Jadi yang di sebut dengan tata surya adalah kumpulan dari benda benda langit yang terikat pada gaya gravitasi.

Komponen tata surya

Jika diatas telah saya jelaskan mengenai definisi tata surya, sekarang saya jelaskan tentang komponen tata surya. Diatas telah di sebutkan dengan jelas bahwa tata surya terdiri dari matahari, delapan buah planet yang terdiri dari planet bagian dalam dan juga planet bagian luar, sabuk asteroid, sabuk kupiler dan juga beberapa buah piringan. Dari penjelasan tersebut jelas sudah apa saja yang menjadi komponen tata surya. Salah satu komponen tata surya adalah delapan buah planet yang terdiri dari planet bagian dalam dan juga planet bagian luar. Ke delapan planet tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Merkurius
  2. Venus 
  3. Bumi 
  4. Mars 
  5. Yupiter 
  6. Saturnus 
  7. Uranus 
  8. Neptunus