Area Baca

7/01/2015

Hubungan Inflasi Dengan Pengangguran

Hubungan inflasi dengan pengangguran – Inflasi dan pengangguran adalah kedua jenis permasalahan serius yang harus segera ditanggulangi oleh pemerintah. Inflasi dan juga pengangguran merupakan masalah yang belum bisa teratasi dari zaman dahulu sampai sekarang. Jika anda mau memperhatikan masalah pengangguran dilingkungan sekitar bukan semakin berkurang melainkan semakin bertambah.

Inflasi dan juga pengangguran merupakan kedua permasalahan yang terjadi bukan tanpa sebab. Akan tetapi kedua kejadian tersebut terjadi karena ada penyebabnya. Salah satu penyebab terjadinya inflasi adalah karena adanya permintaan barang yang lebih banyak dari pada jumlah barang yang diproduksi. Karena keadaan tersebut akan membuat harga harga menjadi naik. Sedangkan salah satu penyebab terjadinya pengangguran karena jumlah lapangan kerja yang ada lebih sedikit dari pada jumlah orang yang mencari kerja. Sekarang mungkin yang menjadi pertanyaan kalian semua adalah apakah hubungan inflasi dan pengangguran?

Hubungan antara inflasi dengan pengangguran akan dijelaskan pada uraian yang ada di bawah ini. Semoga penjelasan yang akan diuraikan dibawah akan memberikan ilmu yang bermanfaat bagi kita semua terkhusus bagi kita yang telah membaca artikel yang satu ini. Untuk itu yuk langsung saja kita pelajari bersama.

Hubungan inflasi dengan pengangguran

Hubungan inflasi dengan pengangguran atau di sebut juga dengan hubungan antara variabel moneter dan variabel ekonomi itu sangatlah kuat. Dalam teori model klasik telah dinyatakan bahwa harga termasuk pada upah yang ditentukan oleh mekanisme pada pasar dan juga penyesuaian pada upah nominal tidak terdapat pada periode yang tertentu.

Model keynessian telah menyatakan bahwa terdapat kemunginan yang kuantitas antara penawaran dan juga permintaan tenaga kerja tidak sama dan yang sering terjadi atau pada kenyataannya adalah jumlah dari penawaran tenaga kerja itu lebih banyak. Adapun hubungan inflasi dan pengangguran atau hungan tingkat harga dan tingkat pengangguran telah dijelaskan dalam sebuah teori yaitu teori Philips yang akan dijelaskan dalam uraian dibawah.

Hubungan inflasi dan pengangguran

Hubungan inflasi dan pengangguran tersebut akan dijelaskan pada teori Philips seperti yang telah dijelaskan diatas. Hubungan antara inflasi dan pengangguran itu terdapat pada sebuah teori kurva Philips yang menyatakan bahwasannya tingkat pada upah nominal pada suatu periode itu dapat diterangkan pada tingkat jumlah pengangguran.

Dari adanya definisi tersebut diatas dapat disimpulkan bahwasannya terdapat tiga buah komponen yang seharusnya dapat dipenuhi agar supaya kejadian tersebut dapat dinyatakan sebagai sebuah inflasi. Ke tiga komponen tersebut meliputi :
  1. Komponen pada tingkat kenaikan harga
  2. Komponen yang memiliki sifat umum 
  3. Komponen yang yang berlangsung secara terus menerus
Sudah paham kah anda tentang hubungan inflasi dengan pengangguran? Semoga ilmu yang hanya sedikit ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Baca: Penyebab dan Macam - Macam Pengangguran