Area Baca

7/13/2015

Sistem Pencernaan Dan Fungsinya

Sistem pencernaan dan fungsinya – Setiap jenis makhluk hidup entah itu manusia, hewan maupun tumbuhan pasti membutuhkan yang namanya makanan. Makanan yang dimakan oleh makhluk hiduip tersebut tidak mungkin dapat langsung dicerna oleh tubuh tanpa melalui proses pencernaan yang dilakukan oleh saluran sistem pencernaan yang ada di dalam tubuh setiap makhluk hidup. Semua jenis makanan yang dimakan oleh makhluk hidup membutuhkan proses pencernaan agar dari hasil makanan tersebut dap[at diperoleh sari sari nya yang dibutuhkan oleh tubuh.

Bicara masalah pencernaan, apakah anda sudah tahu apa yang dimaksud dengan sistem pencernaan dan apa saja fungsi dari sistem pencernaan tersebut? Kalian yang sudah lama mempelajari tentang ilmu biologi mungkin sudah banyak mengetahui tentang sistem pencernaan. Nah, pada kesempatan yang cukup bagus ini saya juga akan mengkaji tentang sistem pencernaan dan fungsinya. Untuk dapat mengetahui lebih jelasnya lagi kita dapat baca sama sama keterangan dibawah ini.

Sistem pencernaan

Sistem pencernaan disebut juga dengan istilah sistem gastroinstestinal yaitu suatu proses pencernaan yang di mulai dari organ mulut dan diakhiri oleh organ saluran pembuangan. Sistem pencernaan tidak hanya terjadi pada manusia saja, melainkan terjadi pada setiap makhluk hidup lainnya yang membutuhkan makan. Seperti yang kita semua telah ketahui bahwa setiap jenis makhluk hidup membutuhkan makan, dengan begitu dapat dikatakan bahwa sistem pencernaan terjadi didalam tubuh setiap jenis makhluk hidup yang ada didunia ini. Hanya saja organ organ yang berfungsi untuk melakukan pencernaan antara jenis makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya berbeda nama, meskipun memiliki fungsi yang sama.

Sistem pencernaan pada manusia contoh nya, manusia memiliki saluran sistem pencernaan yang terdiri atas mulut, tenggorokan, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, pankreas, dan yang terakhir adalah saluran pembuangan. Masing masing saluran sistem pencernaan yang ada didalam setiap tubuh manusia itu memiliki tugas dan juga fungsi masing masing dalam proses pencernaan. Misalnya mulut, mulut bertugas untuk memecahkan partikel makanan yang bentuknya masih terlalu kasar atau besar dan dipecahkan menjadi partikel yang lebih kecil atau lebih lembut supaya bisa dengan mudah dicerna oleh lambung. Dalam memecahkan partikel makanan mulut dibantu oleh organ lain yang terdapat didalamnya seperti gigi, lidah dan cairan yang didapatkan dari lidah.

Sistem pencernaan dan fungsinya

Pada keterangan diatas telah dijelaskan tentang sistem pencernaan, saat ini kita bahas tentang sistem pencernaan dan fungsinya. Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa didala tubuh setiap makhluk hidup terdapat saluran pencernaan untuk melakukan kegiatan pencernaan didalam tubuh. Adapun fungsi dari sistem pencernaan tersebut antara lain adalah sebagai berikut :
  1. sistem pencernaan berfungsi untuk menerima semua jenis makanan
  2. sistem pencernaan berfungsi untuk memecahkan setiap jenis makanan yang dimakan oleh setiap makhluk hidup menjadi gizi atau nutrisi yang dibutuhkan tubuh 
  3. sistem pencernaan berfungsi untuk menyerap seluruh gizi maunpun nutrisi yang telah dihasilkan dari proses pencernaan 
  4. sistem pencernaan berfungsi untuk membuang sisa sisa makanan yang tidak dapat dicerna