Area Baca

7/14/2015

Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia

Sistem pencernaan makanan pada manusia – Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa salah satu ciri dari makhluk hidup adalah membutuhkan makan. Baik itu manusia, hewan ataupun tumbuhan membutuhkan makan untuk dijadikan sebagai sumber energi sebagai salah satu usaha untuk menjaga kelangsungan hidup. Setiap jenis makanan yang dimakan oleh setiap makhluk hidup akan diuraikan oleh organ yang ada didalam tubuh untuk dijadikan sebagai gizi dan juga nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Proses tersebut dikenal dengan istilah pencernaan.

Pada saat ini saya juga akan mengulas kajian tentang sistem pencernaan makanan yang terjadi didalam tubuh makhluk hidup, khususnya pada manusia. Jadi kajian yang akan saya bahas pada saat ini adalah sistem pencernaan makanan pada manusia. Mungkin anda sudah sering kali mendengar yang namanya pencernaan makanan, untuk itu saya akan bahas kali ini supaya anda bisa lebih memahami tentang sistem pencernaan makanan pada manusia.

Sistem pencernaan manusia

Makanan adalah salah satu sumber energi bagi setiap makhluk hidup, khususnya bagi manusia. Semua jenis makanan yang dimasukan kedalam mulut manusia akan dipecahkan menjadi partikel yang lebih lembut untuk dijadikan sebagai sumber gizi ataupun nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Proses seperti itu dinamakan dengan proses pencernaan. Sistem pencernaan sebetulnya tidak hanya terjadi didalam tubuh manusia saja, melainkan terjadi didalam tubuh setiap makhluk hidup membutuhkan makan. Namun, karena saat ini yang sedang dibahas adalah sistem pencernaan pada manusia maka dari itu saya hanya mengulas tentang sistem pencernaan yang terjadi didalam tubuh manusia saja.

Sistem pencernaan yang tersusun didalam tubuh merupakan suatu sistem yang paling kompleks. Sistem pencernaan manusia itu sendiri dimulai dari mulut dan akan diakhiri pada saluran pembuangan. Adapun organ organ yang termasuk dalam jenis saluran sistem pencernaan manusia adalah :
  1. mulut
  2. tenggorokan 
  3. kerongkongan 
  4. lambung 
  5. usus halus 
  6. usus besar 
  7. pankreas 
  8. saluran pembuangan
setiap organ tersebut akan bekerja sesuai dengan tugas nya masing masing, demi mendapatkan gizi ataupun nutrisi yang dibutuhkan oleh setiap tubuh manusia.

Sistem pencernaan pada manusia

Pada keterangan diatas telah disebutkan delapan organ yang termasuk saluran sistem pencernaan pada manusia yang meliputi, mulut, tenggorokan, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, pancreas dan salun pembuangan. Sebelum anda mengetahui tentang fungsi dari organ organ tersebut akan jauh lebih baik jika anda mengetahui tentang pengertian sistem pencernaan terlebih dahulu.

Sistem pencernaan adalah suatu proses dimana merubah makanan menjadi gizi maupun nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, dengan cara dipecahkan melalui mulut dan akan diproses lagi oleh lambung serta akan disalurkan keseluruh anggota tubuh yang membutuhkan. Sistem pencernaan juga dapat diartikan sebagai proses pemecahan molekul makanan yang masih bersifat komplek untuk dirubah menjadi molekul yang bersifat sederhana menggunakan enzim yang diperoleh dari dalam tubuh.