Area Baca

7/18/2015

Sistem Pencernaan Pada Hewan Ruminansia Dan Vertebrata

Sistem pencernaan pada hewan ruminansia dan vertebrata – Kita semua telah mengetahui bahwa setiap jenis makhluk hidup yang ada didunia ini membutuhkan makan. Jadi bukan hanya manusia saja yang membutuhkan asupan makanan akan tetapi semua jenis makhluk hidup yang ada di dunia ini termasuk hewan dan juga tumbuhan.
 
Makhluk hidup membutuhkan makan untuk mendapatkan energi yang akan digunakan untuk melangsungkan kelangsungan hidup. Setiap makanan yang dimakan oleh makhluk hidup tidak bisa langsung berubah menjadi sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh makhluk hidup tersebut, akan tetapi semua untuk dapat dijadikan sebagai sumber energi makanan tersebut harus diolah didalam tubuh. Proses tersebut di sebut dengan proses pencernaan.

Anda mungkin sudah banyak tahu tentang sistem pencernaan pada manusia, Karena sudah banyak sekali orang yang membahas tentang sistem pencernaan pada manusia. Namun tidak dengan sistem pencernaan pada hewan, masalah tentang sistem pencernaan pada hewan masih sangat jarang dibahas. Maka dari itu saya disini akan membahas tentang masalah sistem pencernaan pada hewan khsususnya pada hewan ruminansia dan juga pada hewan vertebrata.

Sistem pencernaan pada hewan ruminansia

Apakah yang dimaksud dengan hewan ruminansia? Sebelu saya bahas mengenai masalah sistem pencernaan pada hewan ruminansia, saya akan bahas dulu tentang pengertian hewan ruminansia. Hewan ruminansia adalah jenis hewan yang bermamah biak atau jenis hewan herbivore yaitu pemakan jenis tumbuhan. Contoh dari pada hewan ruminansia adalah kambing, kerbau dan juga sapi. Sistem pencernaan pada hewan ruminansia ini bersifat lebih kompleks jika harus dibandingkan dengan sistem pencernaan yang ada pada hewan lainnya.

Pada hewan ruminansia sistem pencernaannya trsusun atas mulut, kerongkongan atau yang disebut juga dengan esophagus, lambung, usus dan juga anus. Sistem pencernaan pada hewan ruminansia ini tidak jauh beda dengan sistem pencernaan pada manusia yaitu diawali dari mulut dan akan diakhiri pada anus atau saluran pembuangan.

Sistem pencernaan pada hewan vertebrata

Anda mungkin sudah banyak yang mengetahui tentang pengertian hewan vertebrata. Salah satu contoh hewan vertebrata adalah ikan. Sistem pencernaan pada hewan vertebrata jenis ikan ini dimulai dari mulut, mulut ikan disebut juga dengan cavum oris. Dalam rongga mulut ikan terdapat susunan gigi gigi yang kecil yang terdapat pada geraham bagian bawah dan memiliki lidah yang ada di bagian dasar mulut. Lidah pada ikan tidak akan menghasilkan enzim atau ludah seperti pada manusia, namun lidah ikan akan menghasilkan lendir. Makanan yang telah masuk dalam rongga mulut ikan akan dibawa masuk ke dalam esophagus dengan menggunakan faring yang ada pada bagian sekitar insang lalu akan dimasukan ke dalam lambung dan disalurkan kepada usus untuk disampaikan ke seluruh tubuh yang membutuhkan. Sisa yang tidak dicerna lambung akan bermuara pada usus dan akan dibuang melalui anus.