Area Baca

7/16/2015

Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Dan Hewan

Sistem peredaran darah pada manusia dan hewan – Kita semua telah mengetahui tentang adanya peredaran darah di dalam setiap anggota tubuh makhluk hidup baik itu manusia maupun hewan. Darah yang mengalir disetiap anggota tubuh baik pada manusia maupun pada hewan tersebut memiliki fungsi yang sangat penting bagi kehidupan. Sistem peredaran darah pada manusia terdiri atas dua macam yaitu sistem peredaran darah besar dan juga sistem peredaran darah kecil. Adapun sistem peredaran darah pada hewan terbagi atas dua macam juga yaitu sistem peredaran darah terbuka dan juga sistem peredaran tertutup.

Jika anda ingin tahu lebih banyak tentang sistem peredaran darah pada manusia dan hewan, simaklah panjelasan yang ada dibawah ini. Disini saya akan mengulas bersih tentang sistem peredaran darah pada manusia dan juga sistem peredaran darah pada hewan. Untuk itu jika anda ingin tahu lebih banyak dan lebih dalam lagi, langsung saja baca postingan artikel yang satu ini.dijamin akan dapat menambah ilmu pengetahuan anda tentang biologi khususnya kajian tentang sistem peredaran darah.

Sistem peredaran darah pada manusia

Sistem peredaran darah pada manusia itu tersusun dari tiga komponen yaitu, jantung, pembuluh darah dan juga darah. Jantung yang terdapat di dalam tubuh manusia merupakan pusat dari sistem peredaran darah. Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh bagian anggota tubuh. Jantung itu sendiri meliputi empat ruangan yaitu serambi bagian kanan, serambi bagian kiri, bilik bagian kanan, dan juga bilik bagian kiri. Jantung pada tubuh manusia dibungkus oleh dua buah kantong pericardium yaitu lamina panistalis yang ada di bagian luar dan juga lamina viseralis yang terletak menempel di dinding jantung.

Komponen kedua dari sistem peredaran darah pada manusia adalah pembuluh darah. Pembuluh darah yang dimiliki oleh manusia itu terdiri dari vena dan juga arteri. Arteri dan juga vena saling berhubungan secara langsung, adapun pada kapiler dan juga venula akan dihubungkan oleh endothelium. Letak antara vena dan juga arteri itu sendiri saling bersebelahan. Sedangkan komponen yang ketiga atau terakhir adalah darah. Darah akan dialirkan ke seluruh tubuh setelah dipompa oleh jantung.

Sistem peredaran darah pada hewan

Sistem peredaran darah pada hewan dibagi menjadi dua macam yaitu sistem peredaran darah yang terbuka dan juga sistem peredaran darah yang tertutup. Sistem peredaran darah terbuka adalah sistem peredaran darah yang tekanan darahnya didapatkan dari hasil kontraksi jantung yang cukup rendah sehingga membuat sari makanan terdorong dan dapat mengalir secara lebih lama dan hal ini akan membuat aktifitas metabolism pada tubuh terbatas. Sedangkan sistem peredaran darah tertutup adalah suatu sistem peredaran darah yang memompa darah dengan cara kontinyu sehingga akan menghasilkan tekanan yang lebih stabil dan hal ini akan mendorong darah secara lebih kuat untuk keluar dari pembuluh darah kemudian akan memasuki organ jantung menggunakan kecepatan yang cukup baik.